Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengharapkan Liga Softball Indonesia 2023 (LSI) jadi ajang yang mampu menyedot antusiasme masyarakat untuk lebih mengenal cabang olahraga softball.

Liga Softball Indonesia (LSI) 2023 yang memainkan satu seri kompetisi, berlangsung pada 20 hingga 22 Oktober di Gelora Bung Karno (GBK) Softball Stadium, Senayan, Jakarta

"Kami harapkan dengan bergulirnya kompetisi-kompetisi ini semakin banyak lagi peminat olahraga softball. Hanya saja harus didukung juga dengan fasilitas baik prasarana dan sarana yang diperbanyak (di sejumlah daerah)," kata Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman kepada pewarta, Sabtu.

Sebanyak enam tim di kategori putra yaitu Rubber Ducks Jakarta, Garuda, Jabar, Radjawali, Doberman dan Mohicans akan memperebutkan gelar juara Liga Softball Indonesia 2023. Sementara di kategori putri, sebanyak lima tim akan bersaing untuk memperebutkan gelar, lima tim tersebut yaitu Bumi Asri, Jabar, Garuda, Baladewa dan Bluejays Jakarta.

Di kompetisi LSI 2023 sejumlah tim juga telah diperkuat oleh beberapa pemain asing yang di antaranya berasal dari negara Singapura, Malaysia dan Jepang.

"Kami harus membentuk kompetisi yang berkelanjutan dengan format liga. Di liga tahun ini memang kami masih diikuti enam klub putra dan lima klub putri, namun tahun depan rencananya kami akan menyusun empat seri untuk tahun depan," kata Ketua Liga Softball Gugun Yudinar.

Gugun yang juga merupakan Kabid Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Pusat tersebut mengungkapkan bahwa kompetisi merupakan sebuah formula untuk menghasilkan para pemain, karena melalui sebuah kompetisi maka para pemain dapat diuji.

Sebelumnya Liga Softball Indonesia sempat vakum dikarenakan pandemi. Namun pada tahun 2022, Liga Softball Indonesia kembali bergulir dan akan menjadi ajang rutin tahunan yang akan dilangsungkan untuk pembinaan pemain.

"Dengan dimulainya Liga ini diharapkan akan membangkitkan komunitas, pecinta dan penggemar untuk softball Indonesia. Ini juga merupakan salah satu ajang untuk mencari bibit-bibit atlet yang nantinya akan bermain di timnas Indonesia," kata Ketua Panitia LSI 2023 Poppy Femia.

Baca juga: Liga Softball Indonesia jadi ajang persiapan menuju Olimpiade 2028
Baca juga: Garuda gelar latihan sofbol untuk karyawan dan pemula

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023