Jakarta (ANTARA) - Komunitas Bisbol mengapresiasi komitmen manajemen Gelora Bung Karno (GBK) dalam membina atlet usia dini antara lain dengan menggelar GBK Fest Asia Pacific 12U Baseball Tournament 2023.

"Saya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh manajemen Gelora Bung Karno dalam mendukung dan berkontribusi pada pembinaan atlet usia dini, terutama dalam cabang olahraga bisbol dan sofbol," kata Hari Wibowo, Ketua Pengprov Perbasasi DKI Jakarta, melalui keterangan tertulis, Senin.

Menurut Hari, betapa krusialnya memberikan pengalaman bermain yang berkualitas bagi para atlet muda guna mempertajam aspek teknis dan mental mereka.

"Semoga komitmen ini dapat terus berlanjut dan menghasilkan prestasi yang gemilang dalam kancah olahraga nasional dan internasional," katanya.

GBK Fest Asia Pacific 12U Baseball Tournament 2023 yang berakhir pada Minggu (27/8) adalah bagian penting program yang dirancang oleh Kawasan Olahraga GBK untuk mendukung dan memajukan pembinaan atlet di Indonesia sejak usia dini.

Pada kejuaraan ini, Tim Lorenz Banten berhasil meraih posisi juara pertama, diikuti oleh tim QIlin Dongguan China yang meraih juara kedua, dan Teladan Tigers Jakarta yang berhasil merebut posisi juara ketiga.

Keterlibatan berbagai tim dari negara-negara seperti Filipina dengan Philippines Hunters dan Ilagan City Isabela, serta tim Garuda Jakarta, Rusa Hitam Jawa Barat, dan Flash Jawa Barat, memberikan dimensi internasional pada turnamen ini.

Amoreno, Ketua Umum Garuda Bisbol Sofbol Club, juga melihat upaya Manajemen GBK itu sebagai langkah signifikan.

"Kami sungguh mengapresiasi upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh Gelora Bung Karno dalam mendukung perkembangan atlet usia dini. Kami percaya bahwa dukungan yang terus diberikan oleh manajemen GBK akan membawa dampak positif yang nyata terhadap prestasi olahraga Indonesia," ujarnya.

Ranu Ario Dharma, selaku Manajer Tim Teladan Tigers Jakarta, menyebut adanya ajang kompetisi berkualitas menang salah satu cara yang efektif dalam pembinaan atlet usia dini.

"Salah satu metode yang paling efektif dalam membina atlet usia dini adalah dengan menggelar pertandingan berkualitas. Kami sangat berterima kasih kepada Gelora Bung Karno yang telah berhasil menyelenggarakan kejuaraan bisbol tingkat Asia Pacific untuk kategori usia 12 tahun. Kejuaraan ini memberikan banyak pengalaman berharga bagi atlet kami," katanya.

Menurut dia, GBK Fest Asia Pacific 12U Baseball Tournament 2023 tak hanya sekadar ajang turnamen olahraga, tetapi juga merupakan contoh nyata kolaborasi yang berupaya menjunjung tinggi prestasi olahraga di Indonesia.

"Semoga semakin banyak acara serupa yang dapat membantu melahirkan atlet-atlet berkualitas untuk masa depan olahraga Indonesia," katanya.

Baca juga: Andika Monoarfa kembali pimpin PB Perbasasi periode 2022-2026
Baca juga: Yayasan Neo Asia Profesional Bisbol resmi diperkenalkan

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023