Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Baseball-Softball Garuda (Garuda) kembali menggelar latihan sofbol bagi karyawan dan pemula yang sempat terhenti karena pandemi.

Sesi latihan yang disebut dengan istilah Liga Eksekutif itu telah berlangsung sejak 2019, namun sempat terhenti pada pertengahan 2020 karena pandemi.

Latihan, yang sesuai dengan komitmen Garuda untuk melakukan pembinaan olahraga bisbol dan sofbol di Indonesia, khususnya di Jakarta, itu rutin diadakan setiap Rabu sore dan Sabtu pagi di Lapangan Softball Gelora Bung Karno.

Ketua Umum Garuda, Amoreno, mengatakan bahwa Liga Eksekutif Garuda awalnya dibentuk sebagai wadah para karyawan yang ingin beraktivitas setelah pulang kantor dan ingin merasakan pengalaman baru dalam berolahraga, akan tetapi berkembang hingga ke mahasiswa.

"Kami melihat minat masyarakat untuk berolahraga cukup tinggi apalagi pandemi semakin menyadarkan kita untuk lebih memperhatikan kesehatan," kata Amoreno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, Garuda berinisiatif untuk memfasilitasi hal tersebut dengan menawarkan latihan sofbol untuk dewasa dengan jenis Slo Pitch, khususnya para karyawan yang ingin berolahraga untuk hidup sehat dan menghilangkan penat di kantor.

Saat ini, latihan Liga Eksekutif Garuda secara rutin digelar dua kali dalam seminggu selama kurang lebih dua jam.

Kordinator Liga Eksekutif Garuda, Aga Haloho, menjelaskan bahwa waktu latihan digelar pada sore jelang malam, yakni pukul 18.00-20.00 WIB pada hari Rabu dan pukul 07.30-10.00 WIB pada hari Sabtu, namun jika diperlukan akan ditambah waktu lagi.

"Terdapat 70an orang yang berlatih di setiap slot waktu. Kalau jumlah yang berlatih terus meningkat, tentunya kita akan menambah jam latihan agar setiap anggota mendapatkan kesempatan berlatih yang banyak," kata Aga.

"Menariknya, sekitar 80 persen dari anggota kami bukanlah atlet sofbol atau bisbol. Mayoritas mereka adalah pemula ataupun hanya pernah mencoba bermain sofbol atau bisbol waktu sekolah dulu. Jadi pemula atau belum sama sekali mengenal olahraga ini dapat bergabung dan ikut berlatih," ujarnya menambahkan.

Aga juga mengatakan bahwa pada akhir 2021, Liga Eksekutif Garuda ikut serta dalam dua turnamen, yakni Jakarta Slo Pitch Tournament dan Altras Cup.

"Prestasi yang kami raih cukup membanggakan, pada Jakarta Slo Pitch Tournament, kami berada di peringkat empat besar dan pada Altras Cup kami berhasil menjadi runner-up. Tentunya kami akan terus berlatih lebih giat agar dapat meraih hasil yang maksimal namun yang tanpa mengesampingkan unsur fun di setiap latihan," kata Aga.

Baca juga: Pengrov Perbasasi DKI Jakarta gelar turnamen sofbol di GBK

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022