Jakarta (ANTARA) - Tim bisbol putra Prambors menjadi yang terbaik dalam Liga Baseball Indonesia 2022 setelah kembali mendominasi seri 2 yang berakhir di Lapangan Baseball GBK Senayan, Jakarta, Sabtu.

Prambors pada seri 1 pada 22-26 Agustus sukses menyapu bersih lima pertandingan dengan kemenangan. Kemudian dominasinya berlanjut pada seri 2 pada 17-22 Oktober dengan empat menang dan satu kali kalah.

Dengan demikian, secara kumulatif Prambors menjadi tim paling dominan dengan mengantongi sembilan kemenangan dan satu kali kalah dalam Liga Baseball Indonesia.

Posisi kedua menjadi milik Garuda Jakarta yang dalam dua seri mendulang tujuh menang dan tiga kalah. Lalu Gorgeous di peringkat ketiga dengan enam kemenangan dan empat kalah.

Presiden Liga Baseball Indonesia Gugun Yudinar mengatakan kompetisi bisbol dengan format liga di Tanah Air harus terus bergulir untuk memberikan kesempatan kepada atlet menambah jam terbang.

Menurutnya, kompetisi menjadi kunci sukses prestasi, khususnya untuk cabang olahraga permainan.

Baca juga: Garuda gelar latihan sofbol untuk karyawan dan pemula

"Terlebih lagi, bisbol adalah salah satu cabang olahraga Olimpiade. Hal tersebut menjadi alasan liga bisbol pertama di Indonesia ini lahir," kata Gugun di Lapangan Baseball GBK Senayan, Sabtu.

"Melalui pertandingan yang banyak dari segi kuantitas maupun kualitas, akan terbentuk kualitas atlet dengan mental, fisik dan teknik yang baik," ujarnya menambahkan.

Selain itu, Liga Baseball Indonesia merupakan bagian dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Untuk Indonesia masuk lima besar Olimpiade jelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia, cabang bisbol Indonesia harus turut menyumbang medali emas. Itu harus dipersiapkan sejak sekarang," ujar pria yang juga Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tersebut.

Pada tahun depan, Liga Baseball Indonesia rencananya bakal kembali bergulir dengan tiga seri. Selain itu, tahun depan juga bakal juga kompetisi untuk sofbol putri.

Sekadar informasi, di Olimpiade bisbol memang hanya mempertandingkan untuk putra. Sementara untuk putri yang dipertandingkan adalah sofbol.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) Andika Monoarfa menyambut baik gelaran Liga Baseball Indonesia.

"Kompetisi ini bagus, karena bagaimana pun juga olahraga beregu itu yang nomor satu adalah memberikan kesempatan kepada klub untuk berkompetisi. Dari situ atlet-atlet potensial akan muncul dan target kami bisa tembus Olimpiade," ujar Andika.

Baca juga: Hari Wibowo pimpin Persatuan Bisbol dan Sofbol DKI Jakarta
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022