Jakarta (ANTARA) - Garuda Baseball Softball Club (Garuda) bersama No Border Academy, sebuah organisasi nirlaba asal Jepang pada Sabtu meluncurkan kegiatan Asia Koshien Baseball Tournament yang menandai tonggak penting dalam pengembangan baseball di Indonesia.

"Sungguh senang sekali dapat membantu penyelenggaraan Asia Koshien di Indonesia bersama Garuda," kata Shogo Shibata, Direktur No Border Academy yang juga mantan pemain profesional Tokyo Giants pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara Garuda Baseball Softball Club dan No Border Academy di Stadion Softball Gelora Bung Karno, Jakarta.

Shibata mengungkapkan rangkaian Asia Koshien Baseball Tournament, yang terinspirasi oleh liga baseball Koshien terkemuka di Jepang itu bertujuan untuk mendorong pertumbuhan baseball di Indonesia.

Liga Koshien di Jepang sendiri merupakan liga under 18, tempat mencari bibit-bibit pemain profesional baseball di Jepang.

Ketua Umum Garuda Ihsan Trihendra mengatakan penyelenggaraan Asia Koshien Baseball Tournament bisa menjadi sarana menyerap ilmu tentang bagaimana penyelenggara turnamen tingkat internasional terutama dari Jepang yang memiliki standar khusus untuk mengadakan pertandingan standar internasional.

"Satu hal yang paling penting dengan adanya Asia Koshien ini, tidak hanya menyelenggarakan turnamen saja, tetapi terjadinya transfer knowledge, semangat, dan teknik dalam antar panitia, pengurus tim, dan pemain," ujar Ihsan.

Sementara itu, Ketua Pengprov Perbasasi (Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia) DKI Jakarta Hari Wibowo menyambut baik turnamen yang turut memperkuat kerjasama Indonesia dan Jepang di bidang olahraga tersebut.

“Saya mewakili Perbasasi DKI Jakarta sangat mendukung perkembangan baseball di kota Jakarta melalui pertandingan ini dan mengajak klub lain di Jakarta selain Garuda, untuk turut melakukan penyelenggaraan pertandingan serupa guna menarik peserta dan tim baseball DKI,” ujar Hari.

Baca juga: Garuda komitmen tingkatkan popularitas baseball dengan gelar road show

Kemitraan antara Garuda Baseball Softball Club dan No Border Academy dari Jepang yang secara resmi diumumkan, menunjukkan komitmen bersama untuk memajukan pengembangan olahraga di Asia.

Acara tersebut memberikan gambaran tentang rangkaian kegiatan yang direncanakan untuk acara Asia Koshien Baseball Tournament yang akan berlangsung pada Desember 2024 di Jakarta. Kegiatan itu bertujuan untuk melibatkan dan menginspirasi para penggemar baseball, atlet, dan komunitas di seluruh Indonesia.

"Sudah 100 tahun Liga Koshien diadakan, mudah-mudahan tahun 2024 ini menjadi pembangkit atmosfer industri baseball di Indonesia. Hal ini berlaku tidak hanya untuk atlit, namun bisnis-bisnis terkait baseball di Indonesia untuk mendukung perkembangan olahraga baseball kedepannya," kata Ihsan.

Garuda Baseball Softball Club (Garuda) adalah perkumpulan baseball dan softball yang berdiri semenjak tahun 1993 di Jakarta.

Garuda fokus pada pembinaan atlet semenjak usia dini dengan mengedepankan nilai-nilai olahraga yang dipercaya dapat menjadikan atlet Indonesia yang berkarakter.

Sedangkan No Border (NB) ACADEMY adalah organisasi nirlaba yang berkontribusi terhadap perluasan dunia bisbol Jepang dan pasar baseball profesional dengan menyebarkan dan membangun budaya baseball tradisional Jepang di luar negeri, dan dengan melakukan ekspansi ke luar negeri, terutama di Asia.

Baca juga: Komunitas Baseball apresiasi Manajemen GBK bina atlet usia dini

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024