Jakarta (ANTARA) - Tim DKI Jakarta menjadi juara pada Pra-PON Baseball 2023 yang juga merupakan kualifikasi menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Dilansir dari keterangan resmi, Senin, DKI Jakarta dinobatkan sebagai juara setelah menang atas Jawa Barat dengan skor 13-2 pada partai final Pra PON Baseball 2023 yang berlangsung di Lapangan Baseball Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sepanjang Pra-PON Baseball 2023, tim DKI Jakarta sama sekali tak mengalami kekalahan, prestasi ini juga menyamai pencapaian mereka pada PON Papua 2021.

Ketua Umum Pengurus Besar Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia(PB Perbasasi) Andhika Monoarfa menilai Pra-PON Baseball 2023 sebagai event yang paling rumit, namun unik selama penyelenggaraan berlangsung.

"Di penghujung akan dimulainya penyelenggaraan, kami harus berpindah tuan rumah. Tentunya itu tidak mudah, Alhamdulillah pada akhirnya event ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar," kata Andhika.

Baca juga: Andika Monoarfa kembali pimpin PB Perbasasi periode 2022-2026

Pada Pra-PON Baseball 2023, beberapa keunikan dan sejarah tercipta. Ada beberapa tim yang untuk pertama kalinya bisa menembus ke PON untuk pertama kali.

"Selain itu secara prestasi juga ada tim yang mengejutkan. Contohnya Jawa Barat yang menjadi runner up kali ini, mereka bukanlah tim yang diunggulkan sebelumnya," tutur Andhika.

Setelah Pra-PON Baseball 2023, PB Perbasasi akan melakukan seleksi untuk tim SEA Games 2025. Bidang pembinaan dan prestasi PB Perbasasi sudah mengantungi nama yang akan dipanggil pemusatan latihan.

"Kami ingin memersiapkan tim untuk SEA Games 2025 nanti dengan sebaik mungkin. Jadi setelah ini mereka akan dipanggil untuk pemusatan latihan tim nasional, setelah itu dikembalikan ke tim daerah masing-masing untuk mengikuti pemusatan latihan PON," tutur Andhika.

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023