Jakarta (ANTARA) - Liga Softball Indonesia (LSI) 2023 yang berlangsung pada 20 hingga 22 Oktober mendatang, menjadi ajang persiapan bagi softball Indonesia menuju Olimpiade 2028 yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat.

Cabang olahraga softball dan baseball akan kembali dipertandingkan dalam Olimpiade 2028 Los Angeles, setelah terakhir kali dipertandingkan di Olimpiade Tokyo pada tahun 2020 lalu dan dipastikan tidak dipertandingkan di Olimpiade 2024 Paris.

"Kabar gembira bagi pecinta softball di dunia, khususnya Indonesia, karena cabor Softball kembali dipertandingkan pada Olimpiade 2028, Los Angeles," kata Ketua Panitia LSI 2023 Poppy Femia dilansir dari keterangan resmi, Kamis.

Dengan dipertandingkannya kembali cabang olahraga softball pada ajang Olimpiade 2028 mendatang, menurut Poppy hal tersebut menjadi angin segar bagi komunitas softball di Indonesia. Oleh sebab itu, menurut Poppy untuk mempersiapkan softball Indonesia menuju Olimpiade diperlukan ajang salah satunya melalui LSI 2023.

"Ini membawa harapan bagi komunitas softball di Indonesia untuk melihat tim softball Indonesia bersaing di Olimpiade. Namun, kami menyadari bahwa perjalanan menuju Olimpiade bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan persiapan matang, kejuaraan yang rutin, dan dukungan penuh dari seluruh komunitas softball Indonesia,” ungkap Poppy Femia.
​​
LSI 2023 merupakan sebuah kejuaraan yang juga menjadi platform untuk membentuk tim nasional Indonesia yang kompetitif. Kompetisi softball yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) Softball Stadium, Senayan, Jakarta tersebut akan mempertandingkan dua kategori untuk softball putra dan putri.

Sebanyak enam tim di kategori putra yaitu Rubber Ducks Jakarta, Garuda, Jabar, Radjawali, Doberman dan Mohicans akan memperebutkan gelar juara Liga Softball Indonesia 2023. Sementara di kategori putri, sebanyak lima tim akan bersaing untuk memperebutkan gelar, lima tim tersebut yaitu Bumi Asri, Jabar, Garuda, Baladewa dan Bluejays Jakarta.

Baca juga: Andika Monoarfa kembali pimpin PB Perbasasi periode 2022-2026
Baca juga: Pengrov Perbasasi DKI Jakarta gelar turnamen sofbol di GBK

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023