Jakarta (ANTARA) - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (06/01) menyebabkan kenaikan status Pos Angke Hulu Siaga 1 (Bahaya) pada petang ini. 

Selain itu, BPBD juga mengumumkan status Pos Krukut Hulu Siaga 3 (Waspada) pada Sabtu  pukul 17:00 WIB, Pos Cipinang Hulu Siaga 3 (Waspada) pukul 18:00 WIB dan Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada) pada pukul 18:00 WIB.

BPBD juga mencatat genangan terjadi Kenaikan dari 10 RT menjadi 13 RT atau 0.042 persen dari 30.772 RT. Sementara itu, Jalan Tergenang terjadi penurunan dari 2 menjadi 1 Ruas Jalan Tergenang.

“BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji di Jakarta, Sabtu.

 


Adapun wilayah yang terdampak oleh hujan deras meliputi 4 RT di Jakarta Barat yang terdiri dari Kelurahan Rawa Buaya sebanyak 1 RT dengan ketinggian air 30 cm.

Kemudian Kelurahan Sukabumi Selatan sebanyak 1 RT dengan ketinggian air 60 cm, dan Kelurahan Kembangan Selatan sejumlah 2 RT dengan ketinggian air 40 cm.

Sementara itu di Jakarta Selatan terdapat 9 RT yang terdiri dari Kel Cilandak Timur sebanyak 2 RT dengan ketinggian air 55 sampai dengan 75 cm, Kelurahan Pondok Pinang sejumlah 3 RT dengan ketinggian air 40 cm, kelurahan Kebayoran Lama Utara sebanyak 3 RT dengan ketinggian air 30 cm dan Kelurahan Lebak Bulus sejumlah 1 RT dengan ketinggian air 60 cm.

Jalan Tergenang terdapat 1 ruas jalan yakni du Jalan Jambore, Kec. Ciracas, Kel. Cibubur, Jakarta Timur dengan ketinggian air 50 cm.

Baca juga: BPBD DKI prediksi curah hujan lebat terjadi hingga 10 Januari

Baca juga: Tim SAR evakuasi korban banjir di Jakarta dengan perahu karet

Baca juga: Sebanyak 21 RT dan 8 ruas jalan tergenang imbas hujan lebat di Jakarta


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024