Kami benar-benar paham bahwa musim ini sungguh berat.Saya berusaha terbuka dengan segala masukan yang diberikan fans. Kami menghadapi tim-tim papan atas.
London (ANTARA News) - Ambisi berbalut kesungguhan hati. Ya, berusaha sekuat tenaga menghimpun selaksa daya agar berlaga di ajang kompetisi Liga Inggris (Premier League) musim 2013/2014. Satu niat dari seluruh punggawa Cardiff City.

Manajer Cardiff City, Malky Mackay tahu betul makna ambisi berbalut kesungguhan hati meraih "yang terbaik", yakni bertanding bersama klub papan atas Liga Inggris.

Setelah 51 tabun absen, kini Cardiff City kini "kembali ke rel sejarah"  kompetisi Liga Inggris. Dan Mackay sedari awal yakin bahwa hanya dengan kesungguhan dan ketetapan hati bekerja tiada henti, maka sebuah tim kelak berkalung dengan sukses.

Ketika menghadapi tim-tim papan atas Liga Inggris, maka Cardiff City perlu memainkan gaya sepak bola yang lebih cepat, lebih bertenaga, dan lebih berdayaguna.

"Kami benar-benar paham bahwa musim ini sungguh berat.Saya berusaha terbuka dengan segala masukan yang diberikan fans. Kami menghadapi tim-tim papan atas. Perlu mencermati segala perkembangan," kata Mackay.

Mackay berharap kepada Kim Bo-kyung yang berposisi sebagai gelandang serang. Pemain asal Korea Selatan direkrut Cardiff City dari Cerezo Osaka dengan bayaran dua juta pound pada musim panas lalu. Cardiff juga menaruh asa kepada Fraizer Campbell.

Mantan manajer Manchester United, Alex Ferguson bersimpati atas karier Mackay di arena sepak bola. Mackay pernah bermain untuk Celtic, Norwich, West Ham dan Watford. Ia menaruh minat besar kepada para pemain muda.

Taktik dan strategi Cardiff City:
* Mackay secara reguler memasukkan dan mengikutsertakan sejumlah pemain muda.
* Pelatih Cardiff City ini mensyaratkan kepada para pemainnya mampu tampil menempati berbagai posisi.
* Langkah Mackay tidak lepas dari dukungan keuangan dari pebisnis Malaysia, Vincent Tan.
* Bertanding di kompetisi Liga Inggris memerlukan kesiapan mental dan kekuatan fisik memadai. Ini diketahui dan dicamkan betul oleh Mackay.       

Catatan prestasi:
* Juara Championship.
* Melaju sampai babak ketiga Piala FA.

Konfigurasi pemain:

Pemain masuk: John Brayford (Derby) dengan kontrak senilai 1,5m, Steven Caulker (Tottenham) nilai kontrak 8 juta pound,  Andreas Cornelius (Copenhagen) nilai kontrak 7,5 juta pound, Gary Medel (Sevilla) nilai kontrak 11 juta pound, Simon Moore (Brentford).

Pemain keluar: Heidar Helguson, Stephen McPhail, Jesse Darko  (Episkopi) bebas transfer, Nat Jarvis, Ben Nugent (Brentford), Elliott Parish (Bristol City) bebas transfer.

Warta Cadiff City:
* Cardiff City baru saja terbebas dari lilitan uang.
* Tim berjuluk "The Bluebirdss" ini memberi penawaran senilai 10 juta poun untuk mendatangkan gelandang Celtic Victor Wanyama.
* Klub itu menunda perjalanannya ke Malaysia, karena menganggap udara di kawasan itu telah tercemar.
* Pemain belakang Kevin McNaughton telah menerima perpanjangan kontrak selama setahun bersama Cardiff City di musim ini.

Opini pengamat:
Rob Philips (BBC):
"Tetap bertahan di kompetisi Liga Inggris menjadi target dari klub ini dengan didukung gelontoran dana jutaan pound dari pebisnis Malaysia, Vincent Tan."

Prediksi peringkat Cardiff City musim kompetisi 2013/2014:
Peringkat ke-18 di kompetisi Liga Inggris.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013