Jakarta (ANTARA) - Perusahaan asal Inggris bernama Clicks meluncurkan inovasi unik berupa keyboard QWERTY fisik khusus untuk ponsel pintar besutan Apple iPhone.

Aksesori keyboard QWERTY itu menjadi unik mengingat tampilannya seolah mengajak pengguna bernostalgia dengan tren ponsel era 2010-an yaitu Blackberry. Produk itu hadir dengan nama Clicks Creator Keyboard yang dikenalkan dalam situs resminya sebagai keyboard fisik pertama untuk kreator yang menggunakan iPhone.

Kehadiran keyboard fisik QWERTY diharapkan membantu kreator untuk memaksimalkan layar iPhone ketika membuat konten, seperti disiarkan laman Gizmochina, Sabtu (6/1).

Saat ini tersedia tiga iPhone yang dapat kompatibel dengan aksesori unik tersebut yaitu iPhone 14 Pro, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Dalam penjelasan produknya, selain dapat memaksimalkan ruang layar untuk pengguna, pengalaman keyboard fisik dengan suara ketikan "klak klak" yang khas menjadi faktor yang diunggulkan dari aksesori itu.
 
Tampilan keyboard fisik besutan Clicks yang memberikan kesan Blackberry pada iPhone. ANTARA/HO-Clicks/am.



Keyboard tersebut juga menyediakan akses yang dengan mudah terhubung ke pintasan iOS dan input suara, menjadikannya alat praktis untuk penggunaan sehari-hari.

Membahas desain, perangkat itu memiliki desain unibody ramping yang pas di iPhone, dengan tombol-tombol yang disetel secara presisi untuk pengetikan yang cepat dan akurat. Tata letaknya mencakup tombol tambahan untuk input dan perintah suara sehingga meningkatkan fungsionalitas.

Produk tersebut juga dilengkapi dengan lampu latar untuk mengetik dalam kondisi cahaya redup sehingga membantu pengguna mengetik di tempat gelap.

Dari sisi pengisian daya, produk itu juga mendukung pengisian daya melalui koneksi USB lighting untuk iPhone 14 Pro dan USB C untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max. Perangkat itu juga mendukung pengisian daya nirkabel supaya pengguna bisa mengisi daya tanpa harus mencopotnya dari iPhone.

Ada dua pilihan warna yang dihadirkan yaitu Bumblebee Yellow dan London Sky. Sebagai aksesori bisa dibilang produk ini memiliki harga cukup tinggi yaitu seharga 139 dolar AS (Rp2,1 juta) untuk iPhone 14 Pro dan 15 Pro sedangkan untuk iPhone 15 Pro Max dibanderol seharga 159 dolar AS (Rp2,4 juta).

Baca juga: Apple berencana pindahkan 25 persen produksi iPhone ke India

Baca juga: Tinggalkan ponsel, BlackBerry justru raup untung dari bisnis otomotif

Baca juga: Rencana rilis ponsel BlackBerry 5G kandas


 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024