Tentu masih ada yang perlu dilakukan evaluasi, namun secara umum layanan arus mudik dan balik Lebaran 2013 cukup lancar
Bandung (ANTARA News) - Menteri Perhubungan EE Magindaan menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk mendapatkan formulasi dan rekayasa efektif guna mengatasi kepadatan arus lalu lintas di tanjakan Gentong, Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

"Kementerian Perhubungan dan PU akan melakukan koordinasi terkait penanganan kawasan tanjakan Gentong di Tasikmalaya yang masih terjadi kemacetan di sana," kata EE Magindaan saat melakukan peninjauan ke Posko Dishub Kabupaten Bandung di Tanjakan Nagreg, Selasa.

Menurut Menhub, upaya telah dilakukan untuk mengatasi kemacetan di kawasan itu pada arus mudik maupun balik Lebaran 2013, namun fenomena kepadatan dan kemacetan masih terus terjadi hingga saat ini.

"Personil di lapangan telah menerapkan manajemen lalu lintas yang telah disiapkan, salah satunya dengan membuat dua jalur dengan kehadiran Lingkar Gentong, tapi kenyataanya perlu ada upaya dan rekayasa yang lebih khusus lagi mengatasi kemacetan di sana," katanya.

Ia menyebutkan, banyak faktor yang membuat kawasan tanjakan Gentong itu menjadi perhatian, yakni karena kondisi jalan di kawasan itu yang rawan kecelakaan dan berbahaya karena terdapat turunan dan tanjakan curam.

Selain itu, permasalahan kemacetan semakin kompleks dengan perilaku pengendara yang kerap membuat ketersendatan arus lalu lintas akibat saling serobot.

"Pada musim kepadatan arus mudik dan balik Lebaran kawasan itu menjadi salah satu prioritas pengamanan di jalur selatan. Kondisi yang dihadapi di Gentong bukan karena salah bikin. Kami akan koordinasi dengan PU untuk ada rekayasa lain untuk mengantisipasinya," kata Mangindaan.

Terkait proses arus mudik dan balik Lebaran 2013, kata Menhub secara umum berlangsung lancar dan baik. Adapun beberapa permasalahan akan menjadi bahan evaluasi bagi kementerian bersama stakeholder lainnya.

"Tentu masih ada yang perlu dilakukan evaluasi, namun secara umum layanan arus mudik dan balik Lebaran 2013 cukup lancar," katanya.

Salah satunya adalah layanan angkutan umum bus serta fenomena mudik dengan sepeda motor yang cenderung terus meningkat setiap tahun.

"Arus balik Lebaran 2013 masih akan terjadi hingga akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu masih akan terjadi peningkatan arus balik, itu sudah diantisipasi meski puncaknya sendiri terjadi beberapa hari lalu," kata Menteri Perhubungan.

Dalam kunjungan ke Posko Dishub Kabupaten Bandung, Menhub sempat menyaksikan aktivitas penghitungan kendaraan yang melintas ke kawasan itu serta mendengarkan paparan dari Kadishub Jawa Barat Dedi Taufik serta Kadishub Kabupaten Bandung.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013