Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengatakan pengalaman Ganjar Pranowo yang pernah menduduki sejumlah posisi strategis dalam pemerintahan cukup menjadi bekal untuk mengikuti debat capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, yang mengangkat tema pertahanan pada malam ini.

“Secara teoritis, memang Pak Prabowo diuntungkan dengan tema debat pada malam hari ini karena masalah keamanan dan pertahanan utamanya adalah tupoksi dari Kementerian Pertahanan. Tapi jangan lupa, Pak Ganjar juga pernah berada di dua lembaga trias politika,” kata Wakil Ketua Umum TPN Ganjar-Mahfud Ahmad Basarah saat ditemui di Jakarta, Minggu.

Menanggapi persiapan Ganjar pada debat capres ketiga malam hari ini, Basarah menyatakan pengalaman Ganjar di pemerintahan selama beberapa tahun belakangan tak kalah hebatnya dari Prabowo Subianto yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Pengalaman Ganjar yang pernah menjadi anggota DPR RI Komisi IV dan Komisi II dalam rentang tahun 2004 sampai 2013, serta Gubernur Jawa Tengah, dinilai telah menuntutnya untuk mengetahui tentang sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Seorang anggota DPR adalah seorang generalis, yang dia harus memahami segala seluk-beluk permasalahan bangsa Indonesia dan sebagai kepala daerah, dia tahu bagaimana cara memimpin kekuasaan eksekutif,” ujarnya.

Oleh sebab itu, walaupun Ganjar belum pernah merasakan menduduki posisi di bidang pertahanan atau keamanan, Basarah yakin pengalaman-pengalaman tersebut telah memberikan pengetahuan, referensi serta cara-cara untuk menyelesaikan masalah di bidang pertahanan, keamanan, geopolitik, termasuk urusan politik luar negeri.

Ia melanjutkan, meski seseorang memiliki keahlian di bidang pertahanan, namun belum tentu orang tersebut dapat mempraktikkan kemampuannya dalam mempertahankan kepentingan nasional bangsa Indonesia secara track the record.

“Harus ada kesesuaian antara ucapan dan perbuatan, ini akan jadi catatan rakyat untuk membandingkan apakah pernyataan, ucapan, komitmen, janji dan lain-lainnya disampaikan oleh presiden bersesuaian atau tidak dengan perbuatannya baik di masa lalu, di masa kini, apalagi di masa yang akan datang,” ucap Ketua Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud Presiden 2024 itu.

Setelah debat kedua calon wakil presiden yang berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga bagi para calon presiden periode 2024-2029 pada Minggu (7/1) di Istora Senayan, Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

Tema yang nantinya akan didebatkan oleh ketiga calon presiden berkaitan dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo-Gibran berangkat dari rumah Kartanegara menuju arena debat

Baca juga: Ketua Bara JP: Pilpres satu putaran hemat biaya dan cegah polarisasi

Baca juga: TKN sebut negara hemat Rp27 triliun jika pilpres satu putaran


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024