Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natali, dan Sekretaris Jenderal PSI, Isyana Bagoes Oka, terpantau menghampiri moderator debat selama hampir satu menit saat jeda iklan antara segmen 2 dan 3 debat calon presiden (capres).

Hal itu terjadi setelah pendukung capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berulang kali mengangkat salam tiga jari selama 15 detik ketika lawan debat Ganjar, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, berbicara.

Gestur tiga jari ala Hunger Games ini diperkenalkan Ganjar melalui akun media sosialnya pada akhir November 2023 lalu.

Baca juga: Polisi siagakan kendaraan taktis untuk pengamanan Debat Pilpres

Untuk diketahui, Grace dan Isyana merupakan petinggi PSI yang mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. Mereka juga bukan orang asing dalam dunia pertelevisian.

Keduanya mantan jurnalis dan pembawa berita. Begitu pun Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi yang menjadi moderator debat capres hari ini. Setelah segmen tiga dimulai, Ariyo dan Anisha langsung mengingatkan para pendukung capres untuk menghormati hak bicara para capres.

Baca juga: Isu internasional dalam debat capres dan signifikansi debat

"Dimohon untuk tidak mengganggu dan tidak mendistraksi capres yang sedang berbicara," kata Anisha.

KPU RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Baca juga: Pengamat: Capres prioritaskan debat untuk adu gagasan ketimbang gimik

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU, Jakarta, pada 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024