Jakarta (ANTARA) - AC Milan meneruskan tren bagus pada awal 2024 dengan kemenangan 3-0 di markas Empoli pada pertandingan Liga Italia yang berlangsung di Stadio Carlo Castellani, Empoli, Minggu.

Pada pertandingan yang dimainkan Rossonerri sebelumnya, yakni saat menjamu Cagliari pada 3 Desember silam, Milan menang 4-1 pada laga Piala Italia tersebut.

Dengan tambahan tiga poin itu, Milan kini menduduki posisi ketiga di klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi 39 poin. Sedangkan Empoli semakin terbenam di papan bawah, yakni di posisi ke-19 dengan koleksi 13 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Milan membangkucadangkan Matteo Gabbia dan memainkan Theo Hernandez sebagai bek tengah berpartner dengan Simon Kjaer. Tim tamu mengawali permainan dengan bagus, melalui keberhasilan mereka memecah kebuntuan pada menit ke-11. Ruben Loftus-Cheek sukses memaksimalkan assist Rafael Leao dari sisi kiri.

Empoli bereaksi dengan upaya Nicolo Cambiaghi dari tepi kotak penalti, namun tembakannya terdefleksi. Filippo Ranocchia menggantikan Tyrone Ebuhei yang cedera pada menit ke-27, tidak lama sebelum Milan menggandakan keunggulan mereka melalui penalti Olivier Giroud.

Sepakan Loftus-Cheek dari tepi kotak penalti terdefleksi Youssef Maleh yang mengangkat lengannya, namun wasit memerlukan tinjauan VAR untuk memastikan tangan sang pemain Empoli mengenai bola. Giroud yang menjadi algojo berhasil menunaikan tugasnya.

Baca juga: Inter tegaskan status juara musim dingin setelah taklukkan Verona 2-1

Dominasi Milan berlanjut pada babak kedua. Loftus-Cheek mengancam melalui sepakan dari luar kotak penalti yang melebar, dan Christian Pulisic memaksa kiper Ella Caprille melakukan penyelamatan untuk mencegah gawang Empoli kemasukan lebih banyak lagi.

Namun Milan akhirnya berhasil memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-88. Pemain muda Chaka Traore yang dimasukkan sebagai pemain pengganti berhasil menutup serangan balik Milan dengan memanfaatkan assist Pulisic. Itu merupakan gol pertama Traore di Liga Italia.

Daftar susunan pemain:

Empoli: Ella Caprile, Tyronne Ebuehi, Ardian Ismajli, Sebastian Walukiewicz, Sebastiano Luperto, Alberto Grassi, Youssef Maleh, Emmanuel Gyasi, Tommaso Baldenzi, Nicolo Cambiaghi, Francesco Coputo
Pelatih: Aurelio Andreazzoli

AC Milan: Mike Maignan, Davide Calabria, Simon Kjaer, Theo Hernandez, Alessandro Florenzi, Ruben Loftus-Cheek, Yacine Adli, Tijani Reijnders, Christian Pulisic, Olivier Giroud, Rafael Leao​​​​​​​
Pelatih: Stefano Pioli
​​​​​​​
Baca juga: Juventus taklukkan AS Roma, AC Milan amankan kemenangan
Baca juga: Inter Milan ditahan imbang Genoa, Lazio torehkan poin penuh


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024