Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Brazil telah menunjuk Dorival Junior sebagai pelatih kepala baru setelah ia memutuskan mundur dari klub Sao Paulo.
 
Penunjukan Dorival sebagai pelatih timnas Brazil diungkapkan Sao Paolo di akun media sosial mereka pada Senin.
 
"Sao Paulo Football Club mengungkapkan mundurnya Dorival Junior, yang ingin melatih timnas Brazil," tulis Sao Paulo di akun resmi X.
 
Federasi Sepak Bola Brazil (CBF) sendiri belum secara resmi mengumumkan penunjukan tersebut, tetapi mereka pada Jumat (05/1) telah memecat Fernando Diniz, yang ditunjuk sebagai pelatih sementara demi mendatangkan pelatih permanen dalam upaya mempersiapkan tim untuk Piala Dunia 2026.

Baca juga: Keseimbangan, kunci sukses Brasil untuk menangi Piala Dunia
 
Dorival menjadi kandidat terdepan CBF untuk timnas Brazil setelah mereka gagal merekrut pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti yang memutuskan memperpanjang kontraknya di klub Spanyol tersebut.
 
Dorival pernah memenangkan trofi Copa Libertadores and Piala Brazil pada 2022 bersama Flamengo sebelum pindah ke Sao Paulo. Ia juga telah melatih sejumlah klub di Brazil seperti Atletico Mineiro, Athletico Paranaense, Internacional, Vasco da Gama, Fluminense dan Palmeiras.
 
Ia juga pernah mengungkapkan bahwa mimpinya adalah melatih timnas Brazil.
 
"Itu adalah impian saya, yang hanya bisa terjadi karena pekerjaan saya di Sao Paulo diakui," katanya yang dikutip Reuters.
 
Brazil sendiri saat ini berada di peringkat keenam dalam Kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan setelah hanya memenangkan dua dari enam pertandingan dan menelan tiga kekalahan.

Baca juga: Perpanjang kontrak dengan Real, Ancelotti batal jadi pelatih Brazil

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024