KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek selama tahun 2023. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut, dengan terus memaksimalkan layanan dan melakukan peningkatan di berbagai aspek pada tahun ini,
Jakarta (ANTARA) - LRT Jabodebek tercatat telah melayani 4.554.751 pengguna yang menunjukkan bahwa rata-rata pengguna LRT Jabodebek mencapai lebih dari 36 ribu orang setiap hari, sejak diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 28 Agustus 2023..

Public Relations Manager LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono di Jakarta, Senin, menerangkan bahwa jumlah pengguna tertinggi terjadi pada September 2023, yang mana LRT Jabodebek melayani sebanyak 1.506.191 pengguna. Sementara, rekor jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada  28 September 2023 dengan 88.051 pengguna.

Stasiun yang paling banyak melayani pengguna sepanjang 2023 yakni Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Harjamukti, dan Stasiun Bekasi Barat dengan total 1.809.692 pengguna yang dilayani.

"KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek selama tahun 2023. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut, dengan terus memaksimalkan layanan dan melakukan peningkatan di berbagai aspek pada tahun ini," kata Mahendro.

Baca juga: LRT Jabodebek perpanjang waktu operasional pada malam tahun baru

Mahendro menjelaskan, dari sisi operasional sepanjang  2023, LRT Jabodebek telah mengoperasikan 22.855 perjalanan dengan rata-rata persentase ketepatan waktu mencapai 98,90 persen.

Headway atau waktu tunggu antarkereta pun dibuat semakin singkat di mana pada awal beroperasi waktu tunggu antarkereta selama 10 - 20 menit. Sedangkan saat ini menjadi kisaran 7,5 - 15 menit.

"Saat ini KAI sedang fokus menjaga konsistensi dan keandalan operasional LRT Jabodebek, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat akan moda transportasi yang aman, tepat waktu, serta dapat diandalkan," tambah Mahendro.

Pada 2024, KAI menargetkan dapat melayani rata-rata 69 ribu pengguna setiap hari. Sementara untuk jumlah perjalanan maupun ketepatan waktu, KAI menargetkan dapat mengoperasikan 240 perjalanan setiap harinya, dengan persentase ketepatan waktu mencapai 99 persen.

Dalam upaya menyediakan layanan kereta yang terjangkau, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal bersama Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo menandatangani Kontrak Subsidi Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi Tahun 2023 pada 7 Desember 2023 di Stasiun LRT Jabodebek Halim.

Baca juga: KAI catat pengguna LRT Jabodebek naik 33 persen pada libur Natal 2023

Kementerian Perhubungan bersama KAI juga menghadirkan tarif promo untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan LRT Jabodebek seperti tarif flat pada Agustus sampai September 2023, tarif promo minimal Rp3.000 untuk jarak terdekat dan maksimal Rp20.000 untuk jarak terjauh yang masih berlaku sampai saat ini.

Selain itu, LRT Jabodebek juga menawarkan tarif maksimal Rp10.000 yang berlaku pada Sabtu, Minggu, libur nasional, serta hari kerja saat off peak hour.

“LRT Jabodebek terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan sehingga dapat menghadirkan pelayanan terbaik untuk pengguna. Kami juga berharap dengan peningkatan di segala aspek pelayanan, dapat meningkatkan minat masyarakat kembali menggunakan LRT Jabodebek” ucap Mahendro.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024