Pemprov DKI harus siap mengantisipasi kemungkinan terburuk
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melanjutkan pemasangan turap  kali di Jalan Salak Putih, Ciganjur, Jakarta Selatan untuk mencegah banjir saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Tolong dicatat ada di Jalan Salak Putih RT 05/RW 02 Kelurahan Ciganjur di situ ada pengerjaan pemasangan turap kali yang belum selesai sampai sekarang," kata Wahyu saat melakukan interupsi dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta dengan agenda pelantikan pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPRD Provinsi DKI sisa masa jabatan 2019-2024 di Jakarta, Senin.

Wahyu menuturkan Pemprov DKI harus siap mengantisipasi kemungkinan terburuk termasuk mengantisipasi musim hujan di wilayah rawan banjir.

Terlebih, dia menemukan di wilayah Jalan Salak Putih itu diketahui belum ada dana untuk menyelesaikan pemasangan turap kali sehingga pembangunan menjadi terhambat.

Maka dari itu, dia berharap agar pemerintah provinsi DKI segera menyelesaikan persoalan anggaran  kali tersebut agar tidak menyebabkan genangan maupun banjir.

"Katanya dananya belum ada, kami minta Pemerintah Provinsi DKI dan jajarannya bersama-sama dengan kami ke lapangan menindaklanjuti hal tersebut," tuturnya.

Pada Senin pukul 08.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat sebanyak 31 rukun tetangga (RT) dari 30.772 RT dengan rincian 12 RT di Jakarta Selatan dan 19 RT di Jakarta Timur.

Hingga pukul 11.00 WIB, BPBD DKI melaporkan seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memasang 1.000 beton turap sepanjang satu kilometer Kali Pesanggrahan, Jakarta Barat, untuk mengantisipasi banjir dan longsor.

Pemasangan tiang turap dilakukan pada badan kali bagian utara Jalan Kedoya Raya.

"Pasang turap itu untuk antisipasi banjir," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat Purwanti Suryandari saat dihubungi di Jakarta, Senin.
Baca juga: Ada 12 kelurahan di Jaksel yang masih tergenang air hingga Minggu malam
Baca juga: Legislator desak BPBD DKI siagakan petugas di wilayah rawan banjir
Baca juga: Genangan air melanda 20 RT akibat hujan dan luapan kali

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024