Sejumlah destinasi wisata baru seperti Goa Kelelawar Padayo juga diorbitkan sebagai alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana wisata berbeda di Kota Padang
Padang, Sumbar (ANTARA) - Sebanyak 3,66 juta wisatawan mengunjungi Kota Padang, Sumatera Barat, sepanjang 2023, melampaui kunjungan pada 2022 yang mencapai 2,85 juta orang.

Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Indra Syani di Padang, Sumbar, Senin, mengatakan berbagai ajang yang digelar pada 2023 memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut.

"Sepanjang 2023 kita menggelar banyak event baik skala nasional maupun internasional. Ini menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan hingga bisa melewati target 3 juta kunjungan," katanya.

Selain itu, Pemkot Padang, menurutnya, juga membenahi fasilitas sejumlah destinasi wisata seperti Kota Tua Padang untuk menarik wisatawan.

Sejumlah destinasi wisata baru seperti Goa Kelelawar Padayo juga diorbitkan sebagai alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana wisata berbeda di Kota Padang.

"Kita mulai mengembangkan destinasi wisata di arah ke timur Kota Padang seperti Goa Kelelawar yang ada di Padayo Indarung. Kemudian, juga mengembangkan potensi arung jeram di Lubuk Kilangan," katanya.

Selain itu, potensi ke depan yang juga akan dikembangkan adalah destinasi air terjun yang jumlahnya cukup banyak di bagian timur Kota Padang, yang selama ini masih belum dikelola dengan maksimal.

Yudi mengatakan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan itu juga berdampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Ia menyebut realisasi PAD sektor pariwisata pada 2023 mencapai Rp56,7 miliar atau setara dengan 103 persen dari target yang ditetapkan.

Pajak restoran juga meningkat drastis dengan capaian 100,87 persen atau Rp70,6 miliar. Sedangkan, pajak hiburan terealisasi 112 persen dengan jumlah sekitar Rp9 miliar.

Baca juga: "New Zealand" van Sumatera tutup saat libur Lebaran 1444 Hijriah
Baca juga: Wali Kota Padang: Jika ada pungli di lokasi wisata laporkan
Baca juga: Pesona dan semangat wisata literasi Kota Tua Padang

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024