Kedepannya, KAI akan terus menghadirkan berbagai kemudahan layanan kepada pelanggan baik saat di stasiun maupun di atas KA
Surabaya (ANTARA) -
PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 5.482.292 pelanggan menggunakan jasa kereta api di 2023, jumlah tersebut meningkat 32 persen dibanding jumlah pelanggan di tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 4.150.266 pelanggan.
 
 
"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih moda transportasi kereta api dalam melakukan mobilitas sehari-hari," ucap Manager humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Senin.
 
 
Selain itu, pihaknya juga mencatat selama periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 telah melayani 386.909 pelanggan, atau 20 persen lebih tinggi dari periode sebelumnya, yang tercatat hanya sebanyak 323.306 pelanggan.
 
 
"Puncak volume tertinggi pada libur perayaan Natal 2023 terjadi pada Sabtu 23 Desember 2023, yang tercatat sebanyak 28.872 pelanggan," kata Luqman.
 
 
Sementara, kata dia, puncak volume pada libur menjelang Tahun Baru 2024 terjadi pada Minggu (31/12), dengan 20.507 pelanggan berangkat dari Daop 8 Surabaya.
 
 
Luqman menjelaskan, tujuan pelanggan dari Daop 8 Surabaya tersebut yakni KA jarak jauh ke segala kota di Pulau Jawa, seperti ke Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.
 
 
Selain mencatatkan peningkatan pengguna kereta api, dalam jangka waktu setahun, pihaknya juga menghadirkan berbagai inovasi dalam peningkatan pelayanan pelanggan.
 
 
Seperti pengoperasian KA baru, percepatan waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh, Face Recognition Boarding Gate dan air minum gratis bagi pelanggan.
 
 
"Selain itu, menghadirkan kereta suite class compartment, kereta Panoramic, dan yang terbaru yakni ruang Luxury Lounge di Surabaya Gubeng," katanya.
 
 
Tak hanya itu, KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan sebanyak 44 KA jarak jauh reguler dan 12 KA fakultatif.
 
 
"Kedepannya, KAI akan terus menghadirkan berbagai kemudahan layanan kepada pelanggan baik saat di stasiun maupun di atas KA," katanya.
 
 
Luqman menambahkan, transportasi kereta api memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi lain, seperti bebas kemacetan, keamanan, kenyamanan, hingga ketepatan waktu.
 
 
"KAI berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan dengan melakukan berbagai inovasi terbaru demi kepuasan pelanggan," ujarnya.

Baca juga: Daop 8 siapkan 331 kereta jelang Tahun Baru 2024

Baca juga: Daop Surabaya berikan diskon tiket promo pada Natal-Tahun Baru

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya kampanyekan hati-hati di jalur ganda

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024