New Delhi (ANTARA News) - Dua gol Diego Forlan di babak pertama membantu Uruguay menang 4-2 atas tuan rumah Jepang pada pertandingan persahabatan internasional di Stadion Miyagi pada Rabu.

Pada pertandingan persahabatan lainnya, Korea Selatan menahan imbang tanpa gol tamunya Peru di Stadion Piala Dunia Suwon, lapor Reuters.

Jepang, tim pertama yang lolos ke Piala Dunia di Brazil tahun depan, tidak dapat memaksimalkan dominasi penguasaan bola mereka dan harus membayar atas rapuhnya pertahanan yang membuat Forlan, Luis Suarez, dan Alvaro Gonzalez mencetak gol.

Shinji Kagawa dan Keisuke Honda mengurangi ketertinggalan Jepang dengan gol-gol pada babak kedua, namun buruknya pertahanan tim menimbulkan kecemasan bagi pelatih Alberto Zaccheroni.

"Mereka berada di kondisi fisik yang lebih baik daripada kami," kata Zaccheroni seperti dikutip oleh kantor berita Kyodo. "Sebagai tim dan pada basis individual, kami melakukan terlalu banyak kesalahan."

"Uruguay merupakan salah satu tim papan atas di dunia. Saya pikir mereka merupakan tim yang sangat bagus di Piala Konfederasi dan mereka memperlihatkannya di sini, di Jepang."

Kedua kiper cukup sibuk dalam 20 menit pertama di mana kiper Jepang Eiji Kawashima dua kali menggagalkan peluang penyerang Liverpool Suarez, yang secara konstan menghadirkan ancaman bagi tuan rumah.

Suarez, yang klubnya telah menolak tawaran transfer dari Arsenal sebesar 40 juta satu pound untuk membeli dirinya, menaklukkan perangkap offside pada menit ke-27 untuk melaju ke kotak penalti dan memberi umpan untuk dituntaskan Forlan.

Dua menit berselang, pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2010 Forlan, melepaskan tendangan bebas dari jarak 20 meter yang masuk ke gawang Jepang, setelah Yasuyuki Konno melanggar Suarez.

Forlan, kembali mendapat umpan dari Suarez, nyaris melengkapi hatriknya pada menit ke-35 namun peluangnya digagalkan penyelamatan brilian Kawashima, yang juga menepis sepakan Cristian Rodriguez dari jarak 20 meter sebelum turun minum.

Suarez masuk daftar pencetak gol tujuh menit babak kedua bergulir, mencetak gol setelah Maya Yoshida gagal mengamankan umpan silang.

Blunder di lini belakang Uruguay membuat Jepang dapat memperkecil ketinggalan ketika bola lambung Honda mencapai Kagawa dan kemudian pemain Manchester United itu melesakkannya ke gawang yang kosong.

Gonzalez yang tidak terkawal menanduk bola pada menit ke-58 untuk membawa Uruguay unggul 4-1, namun Jepang kembali memperkecil ketinggalan ketika tendangan bebas Honda sedikit berubah arah karena mengenai pemain Uruguay sebelum masuk ke gawang tim tamu.

Tuan rumah meningkatkan serangan mereka pada 10 menit terakhir namun upaya spektakuler Honda melambung, sedangkan tembakan Shinji Okazaki dan Yasuhito Endo melebar.

Di Suwon, sekitar 45 kilometer arah selatan Seoul, Korsel mendominasi permainan saat melawan Peru, namun penyelesaian buruk tuan rumah membuat mereka gagal mencetak gol ke gawang tim lawan yang memiliki peringkat dunia lebih tinggi itu.


Penerjemah: Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013