Waktu tiba-tiba setuju satu, kami angguk-angguk, setuju kedua, sudah mulai tanda tanya.
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud menilai insiden pendukung paslon nomor urut 3 yang mengacungkan ketiga jarinya saat Capres RI Prabowo Subianto berbicara merupakan bentuk dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo.

"Jadi, setahu saya, yang saya dengar, ketika dari 03 mengacungkan tiga jari, artinya Prabowo setuju dengan Ganjar, jadi karena senang Prabowo dengan Ganjar, jadi menaikkan tiga jari. Ini tidak mengganggu Pak Prabowo karena jauh dan gelap," kata Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Menanggapi peristiwa pendukung mengacungkan jari saat Prabowo berpidato, Andi menuturkan bahwa sukarelawan mengacungkan jarinya karena Prabowo mengaku menyetujui gagasan-gagasan Ganjar dalam debat yang bertemakan soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Meski mulanya dia bersama tim yang duduk di belakang panggung tidak terlalu mengetahui kejadian tersebut akibat layar debat di ruangannya yang berulang kali mati. Namun, setelah mengetahuinya, dia bisa memahami perasaan senang pendukung.

Hanya saja, begitu Prabowo menyatakan setuju ketiga kalinya dalam waktu satu sesi debat, TPN Ganjar-Mahfud mengaku sempat kebingungan hingga mengadakan rapat untuk mengetahui maksud dan tujuan lawan debat Ganjar tersebut.

Dalam rapat itulah, katanya, mereka mulai menganalisis gerakan organik maupun natural dari pendukung Ganjar-Mahfud.

"Waktu tiba-tiba setuju satu, kami angguk-angguk, setuju kedua, sudah mulai tanda tanya. Begitu setuju ketiga, rapat kami. Kenapa ini setuju sampai tiga kali?" ujar mantan Gubernur Lemhannas itu.

Baca juga: KPU bakal evaluasi aksi pendukung paslon acungkan tiga jari saat debat
Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud siap bertemu KPU bahas proses Pemilu 2024


Dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam, pendukung Ganjar-Mahfud tampak mengacungkan ketiga jarinya selama belasan detik beberapa kali ketika Capres RI Prabowo Subianto menyampaikan pemikirannya soal pertahanan Indonesia yang akan kembali dihormati dunia.

Peristiwa tersebut terlihat seperti memparodikan film Hunger Games, yang sempat diperkenalkan oleh Ganjar melalui media sosialnya pada bulan November 2023. Tak hanya pada sesi Prabowo, ketika Capres RI Anies Baswedan berpidato, para pendukung melakukan hal yang serupa.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024