zaken kabinet ... Kabinet ahli ini memang mesti didorong mulai sekarang
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan dirinya bersama calon wakil presiden Mahfud MD akan membuat indikator kerja utama atau key performance indicator (KPI) kabinetnya untuk dinilai oleh rakyat, jika terpilih memenangi Pilpres 2024

"Sebenarnya, di depan, kami juga bisa membuat KPI kabinet. Kalau KPI kabinet kami buat, maka kemudian publik diminta menilai," kata Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1).

Ganjar menambahkan rakyat dapat memviralkan kinerja jajaran di kabinetnya, sehingga KPI para menterinya, termasuk menteri dari partai, bisa berdampak buruk. Sehingga, lanjutnya, para pimpinan partai politik akan diharuskan untuk membuat kontrak kerja.

"Viralisme, viralisme. Maka, semua sekarang rakyat bisa menonton dengan teknologi digital yang ada. Ketika ketidakbaikan itu muncul, maka diviralkan. Kalau sudah seperti ini, KPI-mu buruk loh. Terbayangkan enggak kalau kontrak kerjanya itu di depan? Suruh pimpinan partainya tanda tangan," jelasnya.

Baca juga: Ganjar janji kembalikan Bekraf bila terpilih di Pilpres 2024
​​​​​​​
Sementara itu, Ganjar mengungkapkan ada dua cara untuk menentukan kandidat menteri dalam kabinetnya, salah satunya dengan mengupayakan kabinet zaken, suatu kabinet yang jajaran menterinya berasal dari kalangan ahli dan bukan representasi partai politik tertentu.
​​​​​​​
"Yang pertama adalah zaken kabinet, kabinet ahli. Kabinet ahli ini memang mesti didorong mulai sekarang. Kalau 14 Februari ditentukan sore ada quick count (hitung cepat) dan kemudian menang satu putaran, maka ada waktu delapan bulan. Ada waktu delapan bulan untuk menyiapkan. Hari ini sudah kami cicil. Kami menghitung betul secara teknokratis," tuturnya.
​​​​​​​
Langkah kedua ialah meminta partai politik menyiapkan seorang menteri yang ahli atau sesuai dengan keinginan Ganjar-Mahfud.

Baca juga: Pakar: Ide bentuk duta besar siber bagus dijadikan command center
​​​​​​​
"Kalau kemudian kita bicara di partai bagaimana? Oke, partai ikut dukung kami? Ya, kami butuh kualifikasi ini. Silakan anda (partai politik) cari. Kalau tidak dapat, saya coret, ya? Anda cari lagi," ujar Ganjar.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Soal tiket pesawat murah, Ganjar: Ekosistem pariwisata mesti dibangun

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024