Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 45.000 orang akan memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 dengan mengikuti lomba lari dengan jarak 17 kilometer dan 8 kilometer yang melambangkan Hari Kemerdekaan Indonesia pada Minggu 25 Agustus mendatang dari depan Istana Merdeka dan berakhir di Pintu Barat Daya, Monas, Jakarta.

Mengusung tema "Independence Day Run Semangat 17/8 untuk Merah Putih" kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat umum serta pelari profesional untuk berolahraga dan bergembira bersama. Kegiatan lari yang pertama kali digelar di depan Istana Merdeka itu akan dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Selama ini kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan selalu dilaksanakan pada rangkaian acara di Kompleks Istana Presiden. Namun, keterlibatan masyarakat dalam rangkaian kegiatan tersebut dirasakan masih sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan sebuah event di mana seluruh rakyat secara terbuka kami ajak aktif bersama-sama memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI," kata Ketua Panitia Bersama Independence Day Run, Brigjen TNI Toto Rianto, Kasgartap I/Jakarta, dalam rilis yang diterima ANTARA News.

"Untuk itu, diinisiasi melalui kegiatan Independence Day Run yang merupakan kegiatan bersama Istana Kepresidenan dengan TNI, POLRI, kementerian terkait, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bekerja sama dengan Garuda Finishers," tambahnya.

Nantinya, peserta lari akan menggunakan rute Car Free Day yang dimulai di depan Istana Merdeka. Untuk lari 17K akan melintasi Jalan Thamrin, Semanggi, Sudirman, Sisingamangaraja, kemudian berputar di depan sekolah Al-Azhar dan kembali melintasi sisi jalan berlawanan hingga berakhir di Silang Monas melalui Pintu Barat Daya. Sedangkan untuk lari 8K sendiri akan berputar di depan Chase Plaza dan kembali dengan finish yang sama di Silang Monas.

Hingga kini, pendaftaran masih terus dibuka tanpa dipungut biaya dan akan ditutup pada 21 Agustus 2013. Untuk 1.000 pelari 8K yang finis pertama, akan mendapat medali sebagai tanda penghargaan. Medali ini juga akan diberikan kepada 1.000 pelari 17K yang finish pertama.

Pewarta: Monalisa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013