Selain fokus menggenjot kondisi fisik pemain, anak-anak juga menjalani program pemantapan kerja sama tim dan organisasi permainan, salah satunya dengan laga uji coba,"
Surabaya (ANTARA News) - Tim Nasional Indonesia usia 19 tahun yang disiapkan menghadapi kejuaraan Piala ASEAN Football Federation (AFF) U-19 pada 9-23 September 2013 di Jawa Timur, mengagendakan lima pertandingan uji coba untuk mematangkan persiapan tim.

Pelatih Timnas U-19 Indra Syafri kepada wartawan di Sidoarjo, Jatim, Kamis, mengatakan laga uji coba pertama dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (17/8) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo menghadapi tim sepak bola Jatim proyeksi PON 2016.

"Selain fokus menggenjot kondisi fisik pemain, anak-anak juga menjalani program pemantapan kerja sama tim dan organisasi permainan, salah satunya dengan laga uji coba," katanya.

Timnas U-19 tiba di Sidoarjo sejak Minggu (11/8) dan mulai menjalani program latihan intensif di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Senin (12/8).

Selain melawan tim sepak bola Jatim proyeksi PON 2016, anak-anak asuhan Indra Syafri dijadwalkan menjalani laga uji coba dengan tim Arab Saudi U-19, Timor Leste, Persegres Gresik United U-21, dan Deltras Sidoarjo U-21.

Menurut Indra, pertandingan uji coba melawan tim Arab Saudi akan dilaksanakan di Malaysia pada 22 Agustus, sementara jadwal tanding dengan Timnas Timor Leste masih menunggu konfirmasi dari Badan Tim Nasional (BTN).

"Selesai uji coba dengan tim Jatim, anak-anak akan berangkat ke Malaysia untuk bersiap menghadapi Arab Saudi," tambahnya.

Ia berharap dari lima rangkaian laga uji coba tersebut, pihaknya bisa menemukan komposisi pemain yang tepat untuk disiapkan menghadapi Piala AFF. Sementara dari segi kondisi fisik, kemampuan pemain terus mengalami peningkatan.

"Sekarang fisik mereka sudah meningkat. Saat tes awal, VO2Max (kemampuan menghirup oksigen) mereka rata-rata di atas 50, bahkan ada yang mencapai 58. Idealnya untuk pesepak bola, VO2Max minimal 60," ujarnya.

Kejuaraan Piala AFF U-19 diikuti sebanyak 12 negara di kawasan Asia Tenggara yang akan dibagi menjadi dua grup.

Berdasarkan hasil undian, tuan rumah Indonesia berada di Grup B bersama Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Malaysia. Sedangkan di Grup A terdapat Laos, Filipina, Australia, Timor Leste, Singapura, dan Kamboja.

Pertandingan Piala AFF U-19 akan digelar di dua tempat, yakni Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Petrokimia Gresik.

Secara terpisah, Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sefdin Syaifudin, menambahkan pertandingan uji coba Timnas U-19 tidak terpengaruh dengan agenda kampanye Pemilihan Gubernur Jatim yang saat ini sedang berlangsung.

"Laga uji coba itu termasuk dalam program latihan, bukan pertandingan yang dikomersialkan untuk ditonton masyarakat dengan membayar tiket karena kami bisa menutup pintu stadion untuk menolak penonton," katanya.

Pewarta: Didik K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013