Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, batal berkunjung ke Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, untuk melakukan kampanye ke sejumlah lokasi di daerah tersebut pada Selasa, atau hari ke-43 kampanye Pemilu presiden dan wakil presiden 2024.

Ia menyampaikan pengumuman tentang kunjungan batal itu melalui rekaman video dan mengaku batalnya kunjungan ke Polewali Mandar itu diakibatkan masalah transportasi yang tidak tersedia.

Baca juga: Mutiara Baswedan ungkap tiga nasihat hidup yang diajarkan Anies

"Tadi malam kami mendapat kabar ada kendala teknis, sehingga transportasi dari Mamuju menuju Polewali Mandar ternyata tidak tersedia, karena itu terpaksa sekali kami tidak mampir ke Polewali Mandar," kata Anies dalam video itu.

Ia menjelaskan sebelum berencana ke Polewali Mandar, dirinya berada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia berencana terbang ke Mamuju untuk melakukan transit di Mamuju untuk selanjutnya ke Polewali Mandar.

Baca juga: Anies akan kunjungi Polewali Mandar-Kendari pada Selasa

Lewat video tersebut, dia pun menyampaikan pesan perjuangan kepada warga Polewali Mandar. Walaupun tidak bertemu secara fisik, menurutnya semangat perjuangan selalu menjadi satu kesatuan.

"Insya Allah pada waktunya nanti akan kembali ke Polewali Mandar untuk bekerja bersama lagi berinteraksi bersama untuk sebuah perjuangan," kata dia.

Baca juga: Muhaimin: Dompet rakyat terisi dan belanja murah tanggung jawab negara

Ia juga mengingatkan saat ini hanya menyisakan sekitar satu bulan menjelang hari pencoblosan Pemilu 2024. Mantan gubernur DKI Jakarta satu periode itu pun meminta kepada masyarakat Polewali Mandar untuk menyampaikan semangat perubahan kepada saudara dan keluarganya.

"Siapa pun yang dijumpai sampaikan bahwa kita sedang mengikuti perubahan, semua kebutuhan pokok terjangkau, lapangan pekerjaan tersedia dengan mudah, biaya pendidikan terjangkau, itu semua bagian dari ikhtiar kita," katanya.

Baca juga: Anies: Sosok Nani Wartabone jadi contoh untuk memperjuangkan bangsa

Sebelumnya, Anies dijadwalkan mengunjungi dua titik si Kabupaten Polewali Mandar pada Selasa ini. Di antaranya menyapa warga di Pasar Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, pada pukul 09.15 WITA, dan menghadiri Pertemuan masyarakat dan simpatisan se-Sulawesi Barat di Gedung Gadis, Mamuju, pada pukul 10.15 WITA.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024