Sekarang pasien ada di ruang ICU untuk melakukan stabilisasi dan evaluasi
Tangerang (ANTARA) - Seorang pemuda bernama Engky (34), warga Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, yang menderita penyakit lymphedema dan kelebihan berat badan atau obesitas telah mendapat penanganan stabilisasi hemodinamik dan evaluasi kesehatan dari tim dokter.

"Sekarang pasien ada di ruang ICU untuk melakukan stabilisasi dan evaluasi," kata Kepala Humas Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani di Tangerang, Selasa.

Menurut dia, terhadap pasien yang mengalami obesitas hingga beratnya mencapai 230 kg ini, perlu diberikan penanganan khusus. Pihaknya mengerahkan empat dokter spesialis dari tim kesehatan RSUD Kabupaten Tangerang.

Adapun dari hasil pemeriksaan sementara, lanjutnya, tim dokter terlebih dahulu memberikan stabilisasi hemodinamik dan evaluasi untuk memantau ketat tekanan darah dan beberapa penyakit penyerta yang sudah diderita Engky.

Baca juga: Dinkes Tangerang optimalkan posbindu di 419 titik atasi obesitas

"Dimana penanganan penyakit penyerta ini sudah pasti kita lakukan di awal bersama tim dokter," katanya.

Ia menyebutkan pasien yang sebelumnya diketahui telah menderita penyakit lymphedema atau pembengkakan tungkai yang disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh getah bening pada kaki kirinya itu, juga mengalami penyakit kencing manis dan darah tinggi.

Kendati demikian  dengan kondisi tersebut pihaknya akan mengevaluasi serta berkoordinasi dengan pihak terkait untuk selanjutnya direncanakan dirujuk ke RSCM, Jakarta.

"Untuk kondisi pasien sekarang stabil," kata Hilwani. 

Baca juga: Pemerintah berupaya tekan kasus obesitas sampai 3 persen di 2030
Baca juga: Kemenkes sebut obesitas banyak berasal dari daerah penyangga ibu kota


 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024