Los Angeles (ANTARA) - Consumer Electronics Show (CES) 2024, ajang pameran teknologi terkemuka di dunia, akan diselenggarakan di Kota Las Vegas, Amerika Serikat (AS), pada pekan ini.

Ajang tahunan yang berlangsung mulai Selasa (9/1) hingga Jumat (12/1) itu menarik lebih dari 130.000 pengunjung serta lebih dari 4.000 ekshibitor dari 150 lebih negara dan kawasan, termasuk lebih dari 1.200 perusahaan rintisan (startup), menurut Asosiasi Teknologi Konsumen (Consumer Technology Association/CTA), penyelenggara CES.

Perpaduan teknologi mutakhir, peluncuran baru, dan gadget yang unik diperkirakan akan memadati arena pameran, yang menyuguhkan deretan tren dan inovasi terbaru dalam industri elektronik konsumen.

Kecerdasan buatan

Saat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif menjadi topik yang sangat menarik bagi konsumen dan perusahaan, ekosistem AI berkembang semakin luas yang mencakup mulai dari cip, platform, dan robot.

AI, termasuk AI generatif, akan menjadi pusat perhatian di ajang CES 2024. Perusahaan besar dan kecil diperkirakan akan memamerkan produk dan layanan yang mengusung fitur AI.

Ajang tahunan itu diperkirakan akan menyuguhkan perkembangan terbaru dalam bidang AI serta generasi berikutnya mesin cerdas dan otonomos, dan mengungkap bagaimana AI mendorong inovasi dalam kehidupan masyarakat seperti makanan, retail, serta pengalaman di restoran.
 
 Orang-orang mengunjungi Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat, 8 Januari 2023. (Xinhua/Zeng Hui)  


Berbagai diskusi panel akan membahas dampak AI pada pekerjaan, gaya hidup, serta tantangan privasi

"AI merupakan inti dari pameran ini," ujar Gary Shapiro, presiden sekaligus CEO CTA.

Keberlanjutan

Pemanasan global menuntut upaya-upaya mendesak untuk mempromosikan energi terbarukan, yang menawarkan berbagai peluang signifikan bagi industri energi bersih. Solusi energi bersih dan penyimpanan energi telah menjadi fokus dalam pameran-pameran CES sebelumnya.

CES 2024 diperkirakan akan memamerkan inovasi dan target terbaru yang ditetapkan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengurangi emisi lewat peningkatan efisiensi energi, daur ulang yang bertanggung jawab, serta terobosan material dan energi alternatif.

Perusahaan 3M akan memamerkan deretan inovasi teknologi iklim termasuk penangkapan karbon dan produksi energi bersih.

Jackery, penyedia solusi daya portabel dan energi hijau luar ruangan yang inovatif dan terkemuka di dunia, diperkirakan akan memajang robot pengisian daya surya otonomos mereka yang dapat memasok listrik di luar jaringan.

Kesehatan digital

Kesehatan dan kebugaran telah menjadi kategori yang kehadirannya di ajang CES terus meningkat. Kesehatan Digital akan menjadi lebih terpersonalisasi, mudah diakses, dan cerdas, sehingga memungkinkan dampak kesehatan digital semakin meluas.

Merek-merek global dan perusahaan rintisan yang menjanjikan akan memamerkan deretan inovasi yang menjadikan perawatan kesehatan lebih personal, portabel, dan dapat disesuaikan.

Berbagai perangkat mulai dari pelacak tidur, alat pemantauan glukosa dalam darah, hingga perawatan jarak jauh dan wearable, akan meramaikan arena pameran tersebut.

Serangkaian panel akan digelar di sela-sela pameran untuk membahas perkembangan teknologi kesehatan baru.

Mobilitas

Mobilitas mencakup solusi transportasi berbasis teknologi mutakhir di darat, laut, dan udara, dengan hampir 300 peserta pameran yang memeriahkan CES 2024 dengan mobil konsep, sistem informasi dan hiburan, kendaraan listrik, mobilitas otonomos, dan sebagainya.

Berbagai moda transportasi, mulai dari laut dan darat hingga udara, akan dipamerkan dalam ajang tahun ini.

Honda akan memperkenalkan seri kendaraan listrik terbarunya di ajang CES 2024. Supernal, penyedia layanan mobilitas pintar yang berbasis di AS, akan meluncurkan prototipe taksi udara tebaru mereka di pameran itu.

"Kami sekarang merupakan pameran otomotif terbesar di dunia," ungkap Shapiro. "Kami memiliki ruang pameran seluas setengah juta kaki persegi (sekitar 46.450 meter persegi)" yang diperuntukkan untuk sektor itu.

Selain itu, layar yang dapat dilipat (foldable), wearable generasi berikutnya, dan aksesori terkait realitas campuran (mixed reality) diperkirakan juga akan menarik perhatian tahun ini. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024