"Kami akan amankan sesuai dengan SOP yang ada rencana kedatangan capres Anies Baswedan di kota Ternate. Personil yang dilibatkan tetap dimaksimalkan dari segala bentuk pengamanan kami siap,"
Ternate (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Ternate, Maluku Utara (Malut) bakal memaksimalkan pengamanan kampanye Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan akan berlangsung di Kota Ternate, Maluku Utara pada tanggal 15 Januari 2024.

"Kami akan amankan sesuai dengan SOP yang ada rencana kedatangan capres Anies Baswedan di kota Ternate. Personil yang dilibatkan tetap dimaksimalkan dari segala bentuk pengamanan kami siap," kata Kasi Humas Polres Ternate Iptu Wahyuddin dihubungi, Selasa.

Hanya saja, Wahyuddin menjelaskan, pihaknya belum menerima rundown atau susunan acara kampanye Anies Baswedan di Ternate, akan tetapi keamanan tetap akan dimaksimalkan dengan menerjunkan personil di lapangan.

"Sampai sekarang kami belum dapat informasi terkait koordinasi pengamanan. Namun kami sudah dapat Infonya dari pemberitaan," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPW Partai NasDem Maluku Utara Achmad Hatari mengatakan, capres Anies Baswedan berangkat dari Jakarta–Kota Ternate pada tanggal 15 Januari 2024.

Hatari mengatakan, Anies berada di Ternate selama sekitar tiga jam di Ternate dan langsung berangkat ke Ambon, Maluku.

"Pak Anies Baswedan berada di Ternate sekira tiga sampai empat jam, sorenya langsung berangkat ke Ambon, Maluku. Nanti lusa kami bertemu dengan partai koalisi untuk membicarakan lebih jelas," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Plt Sekretaris DPW Partai NasDem Maluku Utara Irfan Umasugi mengatakan, meski kedatangan Anies Baswedan masih 11 hari ke depan tetapi sudah dilakukan konsolidasi antar partai koalisi perubahan untuk mematangkan kesiapan keperluan kampanye.

"Sesuai informasi dan petunjuk ketua DPW Partai NasDem Maluku Utara Achmad Hatari, olehnya itu kami diperintahkan untuk mengkonsolidasikan dengan partai koalisi perubahan yaitu PKS, PKB, Partai Ummat dan Partai Masyumi," katanya lewat pesan singkat pada Kamis (4/1/2023).

Disentil apakah sudah ada susunan acara dan lokasi kampanye yang disiapkan saat Anies Baswedan sambangi di Kota Ternate, Ifan mengaku, belum ada persiapan sejauh itu, karena masih akan dibahas dalam rapat bersama partai koalisi pada Kamis (11/01/2024) lusa.

"Belum ada. Memang ada rencana kunjungan di Malut sebagai rangkaian kampanye Bapak Anies Baswedan, terus terkait hal-hal lainnya akan kami sampaikan kemudian setelah rapat konsolidasi persiapan," katanya.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024