ketika AMIN menang kita tawarkan program konkret 100 hari menyusun roadmap kedaulatan siber nasional kita rumuskan dalam waktu 100 hari,
Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Marsda TNI Pur. Supomo mengatakan bahwa peta jalan kedaulatan siber nasional akan masuk program 100 hari pertama apabila pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu menang Pilpres 2024.

"Kami ingin mandiri dalam ketahanan siber. Kemudian juga punya keamanan siber. Jadi yang paling tinggi adalah sebenarnya kedaulatan siber," kata Supomo di Jakarta, Selasa.

Ia menegaskan dunia maya bisa menjadi medan perang sehingga kedaulatan siber adalah kebutuhan wajib.

Pasalnya dunia virtual tidak berbatas dan cenderung tidak berpagar, yang menurut Supomo diperlihatkan dengan mudahnya semua platform internet dapat masuk ke Indonesia.

"Internet masuk semuanya ada Google, ada Facebook, ada Instagram, ini kita bermasalah. Kata kuncinya adalah kemandirian siber," katanya.

Baca juga: Anies ingin struktur pertahanan siber dibangun serius
Baca juga: Ganjar berkomitmen hadirkan duta besar siber untuk pertahanan negara


Supomo menilai selama ini Indonesia belum memiliki peta jalan kedaulatan siber nasional. Ia mengibaratkannya dengan seseorang yang membangun rumah tanpa rancang bangun.

"Kita baru pada tahap membangun keamanan siber, maka ketika AMIN menang kita tawarkan program konkret 100 hari menyusun roadmap kedaulatan siber nasional kita rumuskan dalam waktu 100 hari," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo tegaskan kemampuan SDM jadi inti untuk tangkal ancaman siber
Baca juga: Polri kawal ketat surat suara Pemilu 2024

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024