Jakarta (ANTARA) - Pelatih Kepala Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Ahmad Ali mengatakan besarnya antusias masyarakat saat kampanye akbar Jakarta Internasional Stadium (JIS) bukti bangkitnya partisipasi publik.

"Kalau mengisi stadion itu hal yang mudah bagi orang berduit, tapi menggerakkan orang untuk hadir dengan partisipasi, itu hal yang luar biasa, yang tidak mungkin bisa dikerjakan oleh orang-orang yang tidak diharapkan oleh masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, Anies sukses melakukan perubahan dari politik mobilisasi ke politik partisipasi. Partisipasi publik itu lahir ketika calon pemimpin yang disodorkan kepada masyarakat, adalah yang mampu menjadi harapan masyarakat. Hal itu pula yang menurut dia bergulir menjadi fenomena luar biasa di Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem itu menjelaskan embrio partisipasi publik dimulai, pasca-Anies dideklarasikan NasDem pada medio akhir tahun 2022.

Anies kemudian turun ke berbagai penjuru tanah air melalui dialog-dialog partisipatif dengan masyarakat, yang dikemas dalam bentuk "Desak Anies".

Baca juga: Timas AMIN optimis Anies-Muhaimin lolos ke putaran kedua pilpres

Baca juga: Kapten Timnas AMIN: Kalau perlu saksi dan relawan menginap di TPS


Bahkan hingga Desak Anies terakhir di Surabaya, semakin mendapat tempat di hati masyarakat yang hadir, dengan penuh suka cita bahkan tanpa mobilisasi ataupun bayaran.

Dia pun berpesan agar ke depan, partai politik dapat terus memperhatikan aspek kepentingan masyarakat dalam mencalonkan pemimpin, sehingga partisipasi itu bisa terus diwujudkan.

Ali mengklaim adanya akumulasi kerinduan masyarakat dalam skala yang lebih besar, dan dibuktikan dengan hadirnya lautan massa dalam kampanye akbar AMIN di JIS.

Peristiwa suksesnya kampanye AMIN di JIS itu lanjut dia, sekaligus mengirimkan pesan jelas kepada pemerintah, agar mampu menjadi penyelenggara yang adil untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Kampanye AMIN di Stadion JIS yang berkapasitas 82 ribu orang itu dipenuhi oleh para pendukung pasangan dari berbagai daerah. Selain di area dalam, pendukung AMIN pun memadati area luar hingga menyebabkan lalu lintas terhambat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024