Jakarta (ANTARA) - Kelompok relawan Baraya Ganjar Pranowo-Mahfud Md (Bagama) Jawa Barat memberikan bantuan kepada korban gempa Sumedang berupa bahan material untuk renovasi rumah dan musala yang terdampak di Kampung Cipameungpeuk, Kelurahan Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan.

Koordinator Bagama Jawa Barat wilayah Kabupaten Sumedang Sari Tosalia mengungkapkan bantuan yang disampaikan berupa 20 pak bahan bangunan terdiri dari semen, pasir, dan bahan-bahan untuk atap yang diperuntukkan bagi satu musala dan 19 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa.

"Tentunya langkah kami terinspirasi dengan apa yang sudah dilakukan oleh Pak Ganjar dan Pak Mahfud pada bangsa dan negara kita," kata Sari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia menegaskan bantuan tersebut menjadi salah satu bentuk kepedulian dan perhatian dari pasangan Ganjar-Mahfud terhadap masyarakat yang membutuhkan tanpa pandang suku, adat, ras, maupun antargolongan.

Salah satu korban penerima bantuan, Yunus, berterima kasih atas bantuan yang diterima dan mendoakan pasangan Ganjar-Mahfud dapat cepat tanggap memenuhi kebutuhan korban bencana apabila terpilih dalam Pemilu 2024.

"Sangat berterima kasih karena tidak menyangka mendapatkan bantuan bahan bangunan. Semoga ke depannya pasangan calon nomor urut 3, yakni Pak Ganjar dan Pak Mahfud, apabila terpilih bisa lebih cepat tanggap terhadap kebutuhan korban bencana," kata Yunus, salah satu penerima bantuan.

Baca juga: Warga Desa Watuagung Banyumas keluhkan sinyal internet ke Ganjar
Baca juga: Mutiara Baswedan ajak Gen Z gunakan hak suara dalam Pilpres 2024


Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga kali gempa bumi dangkal terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menjelang Tahun Baru 2024, yakni pada Minggu (31/12).

Gempa terakhir tercatat pada pukul 20.34 WIB, BMKG mencatat gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo yang berpusat pada 6,85 Lintang Selatan, 107,93 derajat Bujur Timur atau sekitar 1,5 kilometer timur Kota Sumedang, Jawa Barat pada kedalaman 5 kilometer.

Sejak Senin (8/1), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Jawa Barat, menyatakan tidak memperpanjang masa tanggap darurat bencana gempa bumi pada 31 Desember 2023 yang melanda wilayah itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Relawan Tim Dozer sosialisasikan visi-misi Prabowo-Gibran di Sulsel
Baca juga: Polri kawal ketat surat suara Pemilu 2024

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024