Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan disertai kilat atau petir, yang diprakirakan di sejumlah kota besar Indonesia pada Rabu.

Berdasarkan informasi info BMKG diikuti di Jakarta, prakiraan cuaca dari Pulau Sumatera, cuaca berawan di Kota Banda Aceh, namun hujan ringan di kota Medan dan Kota Tanjungpinang, serta waspadai potensi hujan petir di Kota Pekanbaru dan Kota Padang

Selanjutnya, cuaca diprakirakan hujan ringan di Kota Jambi, hujan sedang di Kota Bengkulu dan Kota Bandar Lampung, serta waspadai potensi hujan lebat di Kota Palembang, serta hujan petir di Pangkalpinang.

Bergeser ke Pulau Jawa, cuaca diprakirakan hujan ringan di Kota Jakarta dan Kota Surabaya. Hujan sedang di Bandung, Semarang, dan Yogyakarta dan waspada potensi hujan petir di Kota Serang.

Baca juga: Waspada cuaca ekstrem di Bogor dalam sepekan ke depan
Baca juga: BPBD: Angin puting beliung dan longsor landa Sukabumi


Selanjutnya untuk Pulau Bali dan Nusa Tenggara, diprakirakan berawan di Kota Denpasar, hujan ringan di Kota Kupang dan waspadai potensi hujan petir di Kota Mataram.

Di Pulau Kalimantan, cuaca diprakirakan berkabut di Kota Tanjung Selor, hujan ringan di Kota Samarinda dan Palangkaraya. Hujan sedang di Kota Pontianak, dan waspadai potensi adanya hujan petir di Kota Banjarmasin.

​​​​​​Kemudian untuk Pulau Sulawesi, cuaca diprakirakan cerah berawan di kota Gorontalo, hujan ringan terdapat di Kota Manado, Palu dan juga kota Mamuju. Hujan sedang terjadi di Kota Makassar dan Kendari.

Terakhir, untuk Indonesia bagian timur, cuaca diprakirakan berawan hingga berawan tebal di kota Jayapura dan Kota Ambon, dan hujan ringan terjadi di Ternate dan Kota Manokwari.

Baca juga: BMKG prakirakan potensi hujan di Bali tidak merata hingga 11 Januari
Baca juga: BMKG prakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia berawan
Baca juga: BMKG: Sulut berpotensi dilanda cuaca ekstrem sepekan ke depan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024