Banyuwangi (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka meminta para pendukungnya agar menahan diri dan tidak merespons berlebihan terhadap "serangan" pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden lainnya.

"Saya titip pesan juga jika ada fitnah atau 'nyinyiran' atau berita-berita yang negatif tidak perlu dibalas. Tidak perlu, fitnah dibalas dengan fitnah. Pokoknya kita fokus untuk pemenangan saja," kata Cawapres Gibran saat kampanye di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga menyampaikan kepada masing-masing pendukungnya di Banyuwangi saling menjaga suara untuk kemenangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Saya minta bapak/ibu warga Banyuwangi sampai nanti tanggal 14 Februari 2024, tolong titip untuk menjaga suara yang ada di Banyuwangi ini," ujarnya di hadapan pendukungnya.

Gibran Rakabuming melaksanakan kampanye di Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, untuk pertama kalinya. Pasangan calon presiden Prabowo Subianto itu mendatangi sejumlah kegiatan kampanye relawan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Mulai dari senam gemoy bersama ibu-ibu di wisata AIL, Desa Karangbendo, Kecamatan Blimbingsari, dan juga menghadiri kontes memasak para istri nelayan yang diselenggarakan oleh relawan Pilar 08 di sebuah hotel di Banyuwangi.

Di hadapan para istri nelayan, Gibran menyampaikan tentang program makan siang gratis bagi pelajar yang akan dilakukan ketika terpilih.

"Jadi, ini selaras dengan program kami, makan siang gratis anak sekolah," kata Gibran.

Menurut dia, program tersebut mengedepankan aspek kompleksitas nutrisi pada setiap makanan, yang tujuannya agar anak terhindar stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak.

"Penting sekali untuk keluarga Banyuwangi supaya terhindar dari stunting. Kami ingin semua sehat supaya bisa menuju Indonesia Emas 2045," kata Gibran.

Ketua Umum Pilar 08 Kanisiyus Karyadi meyakini dan optimistis pasangan calon Prabowo-Gibran bakal menang di Provinsi Jawa Timur.

"Kami percaya suara Prabowo-Gibran akan naik, bahkan di atas 50 persen, karena kami meyakini pergerakan masyarakat sangat masif," katanya.

Namun demikian, Kanisiyus Kasryadi meminta para relawan terus bekerja keras sampai dengan 14 Februari 2024.

"Makanya kami dari Pilar masif melakukan kampanye, baik melalui 'serangan udara dan darat'," ucapnya.

Dalam melaksanakan kampanye di Banyuwangi, Cawapres Gibran turut didampingi sejumlah tokoh di antaranya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Arumi Bachsin.

Setelah kampanye di Banyuwangi, senam gemoy bersama ibu-ibu dan mengunjungi kontes memasak istri nelayan, Cawapres Gibran diagendakan melakukan kampanye di Kabupaten Jember, Jatim.
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024