Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mengungkapkan penyebab kekalahan tipis dari wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pada babak pertama Malaysia Open 2024 di Kuala Lumpur, Rabu.

Adapun Bagas/Fikri harus mengakui keunggulan dari unggulan kedua tersebut dua gim langsung 18-21, 19-21 pada laga yang bergulir selama 44 menit itu.

“Di gim pertama permainan kami belum in, terlambat panas. Sementara lawan startnya bagus dan kami kalah dari situ,” kata Bagas, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Di gim kedua, wakil Indonesia yang merupakan ganda putra peringkat sembilan dunia itu bangkit dengan pola permainan yang lebih taktis, bahkan sempat unggul jauh dari Rankireddy/Shettydi skor 14-8.

Namun, peluang itu tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Bagas/Fikri sehingga terkejar hingga ganda putra peringkat dua dunia mulai mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16.

Baca juga: Pelatih: Debut Bagas/Fikri di World Tour Finals jadi pengalaman bagus

“Di gim kedua permainan kami membaik, kami sudah mulai menemukan irama dan feel bertanding yang tepat,” ujar Bagas.

Selepas poin kritis tersebut, kedua pasangan saling berkejaran dengan ketat, tapi pada akhirnya, kemenangan diraih oleh Rankireddy/Shetty dan menutup harapan Bagas/Fikri untuk memaksa adanya rubber game.

“Gim kedua setelah sempat unggul jauh, kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Itu membuat lawan bangkit lagi dan membuat kami balik tertekan,” kata Fikri.

“Dibanding dua pertemuan sebelumnya, hari ini mereka lebih banyak melakukan variasi serangan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: PBSI pastikan persiapan jelang Malaysia Open 2023 berlangsung baik

Meski demikian, Bagas/Fikri berharap mereka bisa segera bangkit dan mempersiapkan diri untuk melakoni turnamen-turnamen penting lainnya di awal-awal bulan ini, mengingat pengumpulan poin menuju Olimpiade 2024 Paris masih bergulir hingga 28 April.

“Kami kecewa dengan penampilan tadi tapi kami akan coba lagi di turnamen selanjutnya. Lebih disiapkan dan dimatangkan lagi agar hasilnya lebih baik,” kata Fikri.

Sementara itu, pada hari kedua turnamen pembuka 2024 ini, terdapat lima wakil Indonesia yang berlaga. Selain Bagas/Fikri, ada Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, ganda campuran Dejan Ferdianansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, serta tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Sejauh ini, terdapat empat wakil Merah Putih yang sudah lolos ke babak 16 besar Malaysia Open 2024, yakni tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan/Gloria.

Baca juga: Ginting kalahkan Su Li Yang untuk maju ke 16 besar Malaysia Open 2024
Baca juga: Fajar/Rian sebut tak ada tekanan untuk pertahankan gelar Malaysia Open


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024