Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) dr Ganis Irawan mengatakan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) akan memprioritaskan kesehatan secara utuh, yaitu mulai jiwa, raga, dan lingkungan sosial jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

"Visi misi AMIN setelah satu bangsa, satu negara, satu NKRI, dan satu tanah air, kini saatnya mewujudkan satu kemakmuran, termasuk di sektor kesehatan yang akan dipandang secara utuh," kata Ganis melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ganis mengatakan bahwa perubahan yang dikonsepkan bukan berarti meninggalkan semuanya, tetapi prinsip meluruskan jalan untuk kembali pada kerangka konstitusi, yaitu tujuan negara untuk kemakmuran bagi seluruh rakyat.

Menurut dia, untuk sektor kesehatan yang akan dilakukan oleh pasangan AMIN bukan hanya sekedar berkonsentrasi pada raga saja, namun mencakup pula jiwa dan lingkungan sosial.

Untuk itu kata Ganis, pasangan AMIN pada bidang kesehatan akan mengubah dengan mencakup jiwa, raga, dan lingkungan sosial, supaya masyarakat semakin nyaman.

"Misalnya pengadaan psikolog di tiap puskesmas untuk kesehatan mental. Aspek kesehatan mental ini sering diabaikan. Pasangan AMIN justru akan memberi perhatian khusus terhadap kesehatan mental," tuturnya.

Selain itu, kata Ganis pasangan AMIN memberikan prioritas kesehatan kepada para ibu hamil, bayi dan anak usia di bawah lima tahun (balita), orang lanjut usia (lansia), dan para tenaga kesehatan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024