Jakarta (ANTARA) - Wakil I Ketua Umum (Waketum I) KONI Pusat Mayjen TNI Purn Dr Suwarno mengungkapkan renovasi arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 sudah dimulai secara simultan.

Suwarno yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI/2024 Aceh-Sumut menguraikan bahwa proses renovasi arena untuk PON 2024 dilakukan oleh pemerintah daerah setempat bersinergi dengan Kementerian PUPR.

"PB PON Aceh sudah melakukan MoU dengan Kementerian PUPR dan pada Januari ini rencana renovasi beberapa arena sudah dimulai khususnya di sekitar Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Di situ ada stadion sepak bola, ada gedung yang disiapkan untuk anggar, angkat besi, dan beberapa lapangan tenis. Kemudian menyiapkan juga renovasi stadion di H Dimurthala, itu juga di Banda Aceh," kata Suwarno kepada pewarta di Jakarta, Rabu.

Suwarno menjelaskan bahwa Pemda Aceh juga tengah menyiapkan arena untuk cabang olahraga dayung.

Ia menambahkan, proses pengerjaan arena tersebut akan berlangsung secara simultan di mana sebanyak 22 arena akan dikerjakan oleh PB PON Aceh dan sejumlah persiapan renovasi dilakukan oleh PUPR.

"Sebanyak 22 arena akan dikerjakan oleh PB PON Aceh sendiri sehingga ini simultan antara persiapan renovasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui PUPR serta pembangunan, renovasi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintahan daerah," ungkap Suwarno.

Baca juga: Bimtek pendaftaran peserta PON 2024 resmi dibuka

Khusus untuk Sumatera Utara, Suwarno menjelaskan di sana tengah dibangun stadion yang berlokasi di Desa Sena, Deli Serdang, yang mempunyai standar sama dengan Stadion Manahan, Solo.

"Khusus untuk Sumut, sudah dimulai pembangunan stadion dengan standar Stadion Manahan, Solo, untuk sepak bola, sehingga nanti harapannya itu juga akan selesai seiring dengan sport center di tempat yang sama. Mereka (Pemda Sumut) sekarang juga sedang membangun stadion untuk atletik kemudian satu GOR yang digunakan untuk martial art dan beberapa fasilitas yang akan direnovasi di wilayah Sumut," urai Suwarno.

PON 2024 Aceh-Sumatera Utara dijadwalkan berlangsung pada 8-20 September. PON edisi ke-21 ini menjadi penyelenggaraan PON pertama yang dilangsungkan di dua provinsi.

Baca juga: Ketum KONI Pusat buka gelaran Road to PON di Kota Palu
Baca juga: Menpora harap KONI Pusat jalin komunikasi intens untuk persiapan PON

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024