hujan pada dasarian I Januari 2024 di wilayah NTB umumnya pada kategori Bawah Normal
Mataram (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim hujan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mulai merata terjadi di 10 kabupaten/kota.

"Waspada potensi bencana hidrometeorologi di periode musim hujan yang telah merata terjadi di NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat Nindya Kirana dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Rabu.

Pada dasarian II Januari 2024 (11 – 20 Januari 2024) diprakirakan curah hujan di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu pada umumnya akan berada pada kategori rendah hingga sedang.

Sedangkan curah hujan dengan intensitas 20 - 50 mm/dasarian memiliki probabilitas kejadian 80-90 persen yang berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi NTB.

"Peluang curah hujan lebih dari 55 milimeter dasarian berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah pulau Lombok, Sumbawa bagian utara serta Bima bagian utara hingga timur dengan probabilitas kejadian 50 persen," katanya.

Baca juga: BPBD minta masyarakat Babel mewaspadai hujan sangat ekstrem
Baca juga: 2023 jadi tahun terpanas sepanjang masa


Sebagian wilayah NTB terpantau telah memasuki musim hujan 2023/2024 dan sebagian masih berada pada masa peralihan, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai angin kencang yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal, banjir dan tanah longsor.

"Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan hujan yang turun untuk mengisi penampungan air seperti embung, waduk, atau penampungan air hujan lainnya," katanya.

BMKG menyatakan curah hujan di wilayah NTB pada dasarian I Januari 2024 secara umum dalam kategori rendah hingga menengah, hanya di sebagian kecil wilayah Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Sumbawa Barat serta Dompu, Bima dan Kota Bima yang tercatat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"Sifat hujan pada dasarian I Januari 2024 di wilayah NTB umumnya pada kategori Bawah Normal (BN) kecuali di wilayah Mataram, di sebagian kecil wilayah utara dan timur Pulau Lombok, dan sebagian Sumbawa Barat dan Sumbawa serta Dompu, Bima dan Kota Bima terjadi hujan dengan kategori Atas Normal (AN)," katanya.

Curah hujan tertinggi di pos hujan Stamet BIL, Kabupaten Lombok Tengah sebesar 413 milimeter/dasarian dan monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) provinsi NTB secara umum bervariasi dari masih ada hujan hingga kategori sangat pendek (1 – 5 hari).

"HTH terpanjang tercatat di pos hujan Wera di Kabupaten Bima," katanya.

Baca juga: BMKG imbau waspada potensi hujan disertai petir di sejumlah kota besar
Baca juga: BPBD: Angin puting beliung dan longsor landa Sukabumi
Baca juga: Waspada cuaca ekstrem di Bogor dalam sepekan ke depan

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024