Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) terus berinovasi dalam menjaga keandalan pasokan listrik kepada masyarakat, salah satunya menggunakan teknologi drone untuk menginspeksi jaringan.

PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) telah menggunakan teknologi drone untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemantauan jaringan listrik di lokasi geografis yang sulit dijangkau.

"Kondisi geografis di Sulselrabar yang beragam menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan inspeksi, seperti jaringan yang terletak di pegunungan, melewati sungai dan tepi jurang," kata General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Rabu.

Penggunaan drone, kata dia, menjadi salah satu inovasi yang sangat efektif dalam memantau kondisi jaringan listrik secara komprehensif di lokasi yang sulit dijangkau oleh petugas.

Sebelumnya, petugas PLN melaksanakan inspeksi jaringan listrik secara manual. Dengan menggunakan teknologi drone, ternyata cukup efisien dalam melakukan upaya preventif untuk mencegah terjadinya gangguan pasokan yang disebabkan oleh pohon dan menganalisa secara detil kondisi peralatan yang perlu diremajakan.

Andy mencatat sepanjang tahun 2023, PLN UID Sulselrabar telah melaksanakan inspeksi jaringan menggunakan drone sepanjang 1.120 kilometer sirkuit (kms) jaringan listrik.

"Dengan sumber daya manusia 57 pilot drone bersertifikat, pelaksanaan inspeksi jaringan dilaksanakan secara rutin. Bahkan dalam rangka persiapan KTT Asean di Labuan Bajo, kami menerjunkan beberapa pilot drone terbaik untuk turut membantu pelaksanaan inspeksi jaringan," urai Andy.

Ia berkomitmen dengan segala tantangan yang ada PLN akan terus berinovasi dalam penerapan teknologi mutakhir untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024