Bantuan tersebut juga telah disalurkan untuk beberapa kabupaten/kota lainnya di Aceh melalui kemitraan dengan Kementerian PUPR
Banda Aceh (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI asal Aceh Irmawan kembali menyerahkan bantuan sebanyak 200 unit rumah rehab untuk warga di Kota Subulussalam, Aceh, serta sanitasi perdesaan hingga penyediaan air minum.

"Bantuan ini diusulkan lantaran Aceh, khususnya Subulussalam kerap diterpa bencana banjir yang menyebabkan banyak rumah rusak serta air bersih yang bermasalah," kata Irmawan, dalam keterangannya, di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo tuntaskan rehab 504 rumah tidak layak huni

Selain 200 unit rumah rehab, Irmawan juga memberikan sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) untuk empat desa, serta penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) bagi dua desa di kota setempat.

Irmawan mengatakan, bantuan tersebut juga telah disalurkan untuk beberapa kabupaten/kota lainnya di Aceh melalui kemitraan dengan Kementerian PUPR.

"Kita berharap bantuan tersebut dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Dua hari lalu, Irmawan juga baru menyerahkan bantuan 300 unit rumah rehab, dan beberapa titik irigasi yang di perjuangkan Irmawan untuk Aceh Besar.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo kebut rehab 451 rumah tidak layak huni

Sementara itu, Ketua DPC PKB Subulussalam, Dedy Anwar Bancin menyampaikan berharap ke depan bantuan tersebut dapat ditingkatkan, karena di sana masih banyak rumah yang tidak layak huni.

"Di Kota Subulussalam sering terjadi banjir, jadi banyak rumah yang rusak. Banyak masyarakat yang juga kesulitan dengan air bersih, ditambah lagi masih adanya masyarakat yang tidak memiliki WC," katanya.

"Jadi kami sebagai masyarakat Subulussalam sangat berterima kasih kepada Irmawan dan berharap terus membantu Kota Subulussalam," demikian Anwar.

Baca juga: Pemprov Jateng apresiasi swasta bantu perbaiki 35 rumah tak layak huni

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024