Dengan kuliah di UT mahasiswa dapat bekerja dan membuka usaha sekaligus melanjutkan kuliah di UT
Ambon (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) Ambon menyosialisasikan program kuliah berbasis online atau daring kepada siswa SMA/SMK di Maluku sebagai bentuk kemudahan perkuliahan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Kali ini UT Ambon berkesempatan untuk menyosialisasikan keunggulan Universitas Terbuka kepada orang tua wali murid siswa SMKN 6 Ambon," ucap Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori di Ambon Rabu.

Yuli mengatakan dalam sosialisasi kali ini pihaknya menyasar siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diproyeksikan akan langsung terjun ke dunia kerja dan usaha namun diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pendidikannya.

"Dengan kuliah di UT mahasiswa dapat bekerja dan membuka usaha sekaligus melanjutkan kuliah di UT, karena UT sendiri memiliki program kuliah daring yang bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja tergantung kontrak kuliah yang disepakati," kata dia menjelaskan.

Selain itu kata dia UT juga memiliki layanan luar negeri, yang hingga kini berdasarkan data yang dimiliki ada sekitar 1.060 mahasiswa UT yang tersebar di 50 negara.

"Sebagian besar tersebar di Kota Tokyo dan Osaka, hal ini membuka peluang kepada Alumni SMKN 6 Ambon yang bekerja di luar negeri untuk dapat melanjutkan Pendidikan tinggi," kata dia.

Baca juga: Universitas Terbuka luluskan doktor pertama prodi administrasi publik
Baca juga: UT bahas pemanfaatan sain & teknologi untuk hidup berkelanjutan


Tak hanya itu, menurut dia, salah satu keunggulan lainnya yang dimiliki UT adalah penerimaan mahasiswa baru dibuka dua kali dalam setahun. Keunggulan ini hanya dimiliki oleh UT karena memiliki daya tampung yang tidak terbatas.

Terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari diploma, S1, S2, hingga S3 dengan pilihan studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

"Pendaftaran calon mahasiswa bisa melalui laman ambon.ut.ac.id ataupun laman sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon," ucap Yuli.

Sementara itu Kepala SMKN 6 Ambon Eduard Luturmas, memberikan apresiasi kepada UT Ambon yang sudah menjadi mitra yang terus mendukung kegiatan SMKN 6 Ambon.

"Ini dapat menjadi salah satu referensi kepada orang tua untuk menentukan kelanjutan anaknya setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah dan tidak terbatas ruang dan waktu," katanya.

Baca juga: Rektor UT paparkan kemajuan teknologi dalam konferensi AAOU di Turki
Baca juga: UT siapkan 8 prodi baru sambut satu juta mahasiswa pada 2025
Baca juga: Pos Indonesia perluas kerja sama dengan Universitas Terbuka

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024