Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menemui relawan Nusantara Ganjar (NAGA), yang terdiri dari masyarakat kalangan muda prekariat, atau yang memiliki waktu kerja tidak menentu.

Ganjar di Jakarta, Kamis, mengatakan kalangan muda yang muncul jelang 33 hari berakhirnya masa kampanye, membawa energi besar untuk memenangkan pasangan nomor urut tiga tersebut.

"Relawan yang muncul di akhir-akhir ini adalah bagian energi yang makin kuat, bahwa kita bisa menunjukkan bahwa Insya Allah Ganjar-Mahfud menang," kata mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Menurut capres rambut putih tersebut, dukungan anak muda yang kreatif akan menjadi perwakilan dari perhatian dan gagasan yang dibawa dalam programnya mendatang jika terpilih.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar meluncurkan gerakan menanam satu juta bibit pohon yang disimbolkan dengan berbagai bibit pohon seperti durian, alpukat hingga mangga.

Baca juga: Ganjar-Mahfud dapat dukungan dari "girlband" GM24

Baca juga: Relawan optimis Ganjar-Mahfud hadirkan kesetaraan bagi difabel


Ganjar mengatakan gerakan yang diinisiasi relawan NAGA tersebut bukti anak muda terlibat langsung dengan isu kepedulian lingkungan.

"Sebuah kepedulian yang ditunjukkan secara konkret, karena tadi kurang lebih 1 juta pohon akan ditanam. Enggak banyak bicara, set-set langsung tanam. Itu keren," ujar Ganjar.

Pada pertemuan sebelumnya dengan Kadin, Ganjar mengatakan sempat membicarakan soal ekonomi hijau, tapi sisi yang lain bagaimana menyerap tenaga kerja. Menurutnya, ini proses kreatif yang sebenarnya mesti dilakukan, mesti tidak secara cepat, dan tidak mudah.

"Ketika kita bicara ekonomi hijau, ternyata anak muda punya ekonomi kreatif sebagai pendamping yang orientasinya sangat hijau. Mereka peduli katakan ekonomi sirkular, mereka mengelola sampah bahkan dalam tempat-tempat yang tidak gede, apa itu? di kampung, apa itu? di desa, apa itu? di gang gang perkotaan," ujar dia.

Menurut Ganjar, praktik baik tersebut harus dapat disebarluaskan melalui media maupun media sosial.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024