Sebelum berangkat, kami mengatakan belum bisa mengukur kekuatan lawan di Asia dari segi prestasi atlet remajanya. Karena data yang kami miliki sangat sedikit. Namun, kami masih optimis bisa memenuhi target medali tersebut kendati ada beberapa nomor y
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia tetap optimistis mampu memenuhi target medali yaitu satu perak dan 11 perunggu pada Asian Youth Games (AYG) 2013 di Nanjing, China, meski hingga Minggu belum mendapatkan medali. 

Chief de Mission Indonesia Ade Lukman dalam siaran persnya, mengatakan peluang untuk memenuhi target sangat terbuka karena beberapa cabang olahraga andalan mendapatkan medali hingga saat ini masih dipertandingkan.

"Sebelum berangkat, kami mengatakan belum bisa mengukur kekuatan lawan di Asia dari segi prestasi atlet remajanya. Karena data yang kami miliki sangat sedikit. Namun, kami masih optimis bisa memenuhi target medali tersebut kendati ada beberapa nomor yang secara mengejutkan lepas," katanya.

Khusus untuk bulutangkis, kata dia, peluang untuk memenuhi target yaitu perak tetap terbuka. Saat ini beberapa pemain lolos keputaran tiga diantaranya dua tunggal putra lewat Jonathan Cristie dan Muhammad Bayu Pangisthu.

Untuk cabang olahraga lain, Ade Lukman meminta untuk pantang menyerah meski banyak kejutan terjadi di lapangan. Beberapa cabang olahraga unggulan ternyata tidak memenuhi target.

"Memang banyak kejutan di AYG ke II ini. Contohnya di angkat besi, atlet yang kita andalkan justru gagal. Begitu juga di loncat indah. Di AYG I di Singapura, loncat indah satu nomor hanya diikuti tujuh atlet, tapi disini, di AYG kedua ini satu nomor rata-rata diisi oleh 30 atlet. Jadi yang tadinya peluangnya lebih besar ternyata tidak," katanya menambahkan.

Demi mendongkrak semangat atlet, pihaknya beserta seluruh pelatih dan official terus memantau perkembangan atlet disetiap cabang olahraga terutama dalam melihat peluang untuk mendapatkan medali yang ditargetkan.

"Peluang tetap terbuka. Makanya kami belum perlu merevisi target," kata pria yang juga Ketua Komisi Sport for All KOI itu.

Target yang sebelumnya dibebankan, kata dia, diharapkan tidak menjadi beban bagi atlet. Target yang selama ada diharapkan menjadi visi bagi atlet untuk menjadi yang lebih baik. Apalagi AYG ini juga menjadi jenjang untuk masuk elite atlet.

Indonesia pada AYG 2013, 16-26 Agustus mengirimkan 104 atlet dan turun di 13 dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pesta olahraga bagi atlet usia dibawah 18 tahun ini merupakan pijakan bagi atlet untuk turun di Youth Olimpic Games 2014.

(B016/R010)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013