Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak pabrik produsen pesawat asal China, Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) untuk berinvestasi mengembangkan industri penerbangan di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke pabrik COMAC di Shanghai, China, Kamis, Menhub berkesempatan menyaksikan langsung proses pembuatan pesawat berteknologi mutakhir dengan pengerjaan yang detil.

"Saya menekankan agar produksi pesawat terbang ini betul-betul mengutamakan kualitas yang lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan," kata Menhub dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam kunjungannya tersebut, Menhub juga bertemu dengan Chairman & CPC Secretary COMAC He Dongfeng dan menyaksikan penandatanganan kerja sama antara COMAC dengan maskapai dalam negeri TransNusa.

TransNusa menjadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat buatan COMAC.

"Kami menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara kedua belah pihak. Kerja sama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan penerbangan di Indonesia," ujar Menhub.

Selain itu, Menhub juga berkesempatan mengunjungi COMAC Aircraft Operation Support Control Center.

Turut hadir dalam kegiatan itu, yakni Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal.

Untuk diketahui, Menhub melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel) dan China pada 9-13 Januari 2024 untuk membahas sejumlah kerja sama di sektor perkeretaapian dan penerbangan.

Selain bertemu dengan pimpinan COMAC, selama di China, Menhub juga akan menemui Menteri Transportasi Tiongkok Li Xiaopeng dan sejumlah pihak lainnya, yaitu pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk membahas kelanjutan kerja sama pembangunan transportasi massal kereta api autonomous rail transit (ART) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selanjutnya, Menhub juga akan bertemu dengan pimpinan Huawei untuk menjajaki peluang kerja sama terkait sistem perkeretaapian yang cerdas dan berteknologi tinggi. Huawei merupakan perusahaan yang menggarap pembangunan jaringan komunikasi untuk Kereta Cepat Whoosh.

Baca juga: Menhub bahas upaya pembiayaan LRT Bali dengan Korea Selatan

Baca juga: Menhub ke Korsel dan China bahas kerja sama perkeretaapian-penerbangan


Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024