CES merupakan platform untuk memamerkan berbagai teknologi mutakhir dan menyerap tren industri global
Las Vegas (ANTARA) - Para pemimpin industri, pejabat pemerintah, dan pakar teknologi dari China dan Amerika Serikat (AS) berkumpul pada Selasa (9/1) malam waktu setempat di Las Vegas, berupaya membina hubungan yang lebih erat antara kedua negara di sektor elektronik konsumen yang sedang berkembang pesat.

Forum "China Night" tentang Pengembangan Elektronik Konsumen diselenggarakan bersama oleh Konsulat Jenderal China di San Francisco dan Kamar Dagang China untuk Impor dan Ekspor Mesin dan Produk Elektronik (China Chamber of Commerce for Import and Export of Machinery and Electronic Products/CCCME) dalam ajang Consumer Electronics Show (CES), pameran teknologi terbesar di dunia, yang berlangsung dari Selasa hingga Jumat (12/1) di Las Vegas.

"Tahun ini, kami kembali mengadakan 'China Night' setelah pandemi," kata Wakil Konsul Jenderal China di San Francisco Zou Yonghong di ajang tersebut. "CES merupakan platform untuk memamerkan berbagai teknologi mutakhir dan menyerap tren industri global."

Zou menekankan kesamaan yang luas antara kedua negara, khususnya di pasar elektronik konsumen yang menguntungkan.

Integrasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang pesat dan berbagai teknologi baru yang sedang berkembang (emerging) lainnya mendorong evolusi elektronik konsumen, seiring dengan semakin banyaknya konsumen yang menerapkan gaya hidup cerdas, ujar Zou, seraya menyatakan keyakinannya bahwa tren ini akan semakin meningkatkan kerja sama antara perusahaan China dan AS.
 
   Wakil Konsul Jenderal China di San Francisco Zou Yonghong berpidato di Forum "China Night" mengenai Pengembangan Elektronik Konsumen di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 9 Januari 2024. (Xinhua/Wu Xiaoling)

Melihat hasil yang memberikan manfaat bersama dan saling menguntungkan sebagai landasan hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS, Zou mendorong perusahaan-perusahaan dari kedua belah pihak agar memanfaatkan platform seperti "China Night" untuk memperkuat interaksi dan kolaborasi.

CCCME menunjukkan komitmen perusahaan-perusahaan China dengan mengorganisir lebih dari 130 partisipan CES 2024 di sektor elektronik, peralatan rumah tangga, rumah pintar, dan transportasi pintar. Ini menandai tahun ke-23 berturut-turut bagi CCCME untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut.

"Kami berharap 'China Night' dapat membantu perusahaan-perusahaan China berintegrasi ke dalam ekosistem global dan mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagi pencapaian industri," tutur Liu Chun, wakil presiden CCCME.

Masa depan elektronik konsumen akan didorong oleh integrasi AI dan kategori produk baru, dengan komputer, telepon, dan berbagai perangkat lain yang didukung AI sudah terbentuk, ungkap Liu.

"Perkembangan yang berkelanjutan akan bergantung pada kekuatan yang saling melengkapi antara perusahaan-perusahaan China dan AS. Dengan memupuk kolaborasi dan memanfaatkan keahlian gabungan mereka, kedua negara dapat berkontribusi pada lanskap elektronik konsumen yang lebih inovatif dan dinamis," demikia Liu.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024