Istanbul (ANTARA) - Arab Saudi menekankan pentingnya menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Laut Merah, Jumat, dan mendesak pengendalian diri dan menghindari eskalasi ketika AS dan Inggris menyerang berbagai sasaran milik kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

"Kerajaan Arab Saudi memantau dengan cermat operasi militer yang terjadi di wilayah Laut Merah dan serangan udara yang menjadi sasaran di beberapa lokasi Republik Yaman," kata Kementerian Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Mereka menyerukan "menahan diri dan menghindari eskalasi mengingat apa yang sedang terjadi di kawasan ini."

Saluran televisi Al-Masirah yang berafiliasi dengan kelompok Houthi, mengumumkan bahwa ibukota Yaman, Sanaa, telah menjadi sasaran "agresi Amerika dan Inggris."

Secara terpisah, kantor berita SABA, yang juga berafiliasi dengan Houthi, melaporkan bahwa pesawat AS dan Inggris yang melakukan serangan udara di Sanaa dan provinsi Al Hudaydah, Sa'ada dan Dhamar.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah pemimpin kelompok Houthi Yaman, Abdul Malik al-Houthi, memperingatkan bahwa siapa pun yang mengambil risiko melakukan tindakan militer terhadap negaranya akan "membayar akibatnya," menekankan bahwa setiap agresi Amerika "tidak akan pernah dibiarkan begitu saja."

Sumber: Anadolu

Baca juga: AS dan Inggris serang Houthi di daratan Yaman
Baca juga: DK PBB adopsi resolusi tuntut hentikan serangan Houthi di Laut Merah

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024