kita akan bersama Afrika Selatan dan membela Palestina
Pasuruan (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan Indonesia bersama Afrika Selatan sama-sama memiliki semangat untuk membela Palestina.

Sebelumnya, Kamis (11/1), Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, menyelenggarakan sidang atas kasus gugatan genosida Israel terhadap Palestina yang diajukan Afrika Selatan.

"Kalau semangatnya itu, kita akan bersama Afrika Selatan dan membela Palestina," kata Mahfud usai mengunjungi Pondok Pesantren Darut Tauhid Canga'an Bangil di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat.

Mahfud juga mengatakan Indonesia pro terhadap perdamaian, sehingga berada di sisi yang sama dengan Afrika Selatan.

Baca juga: Mahfud tak persoalkan pernyataan kapolri soal estafet kepemimpinan

"Indonesia itu pro-perdamaian. Oleh sebab itu, setiap tindak kekerasan, pelanggaran terhadap kemanusiaan, seperti genosida, pemusnahan massal, itu harus dilawan," tambahnya.

Selain itu, menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) tersebut juga mengatakan bahwa Indonesia bisa saja hadir di persidangan Mahkamah Internasional itu.

"Tergantung, kan untuk hadir itu tidak bisa sendiri, harus dipanggil. Nanti bisa saja, kalau misalnya kenapa Indonesia mendukung di PBB, ini alasannya, ini dokumennya," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud ziarah ke makam Mbah Ratu Ayu: Untuk mengambil pelajaran

Sementara itu, pengacara yang mewakili Afrika Selatan dalam sidang gugatan di Mahkamah Internasional, Vaughan Lowe, mengatakan bahwa genosida tidak bisa dibenarkan dalam keadaan apa pun.

Seperti dipantau ANTARA secara daring dari Jakarta, Kamis, Lowe, menyampaikan bahwa sebesar apa pun ancaman terhadap warga Israel dari kelompok warga Palestina, penghancuran terhadap mereka tidak bisa dibenarkan.

"Tidak peduli apa yang telah dilakukan oleh kelompok warga Palestina di Gaza dan tidak peduli betapa besarnya ancaman terhadap warga Israel. Serangan genosida terhadap seluruh Gaza dan seluruh penduduknya, dengan niat untuk menghancurkan mereka, tidak dapat dibenarkan," kata Lowe.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Baca juga: Presiden Ramaphosa bangga tim hukum Afsel gugat kasus genosida di ICJ
Baca juga: Afrika Selatan: Genosida tidak bisa dibenarkan dalam keadaan apa pun


Pewarta: Rio Feisal
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024