Hari K3 Nasional kita tempatkan di smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, untuk menunjukkan bahwa ini perusahaan yang diminta oleh pemerintah untuk melakukan hilirisasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menggelar peringatan dan pencanangan Bulan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) Nasional tahun 2024 di smelter PT Freeport Indonesia, di Gresik, Jawa Timur.

"Hari K3 Nasional kita tempatkan di smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, untuk menunjukkan bahwa ini perusahaan yang diminta oleh pemerintah untuk melakukan hilirisasi. Selain itu kami ingin melihat K3-nya seperti apa?," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional di smelter juga bertujuan untuk memastikan bahwa aspek keselamatan dan kesehatan kerja telah diterapkan dengan baik di smelter.

"Karena ada beberapa kecelakaan kerja di tempat lain, khawatir masyarakat memiliki persepsi bahwa bekerja di smelter ini tidak memperhitungkan K3-nya," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Menaker berkeliling smelter PT Freeport Indonesia yang terletak di kawasan ekonomi khusus (KEK) JIIPE, Gresik.

Baca juga: Menaker: Budaya K3 membentuk ekosistem ketenagakerjaan unggul
Baca juga: Menaker: Pengangguran terbuka di Indonesia turun menjadi 5,32 persen


Usai berkeliling smelter, ia berdialog dengan para pekerja/buruh di industri smelter, utamanya terkait penerapan K3. Para pekerja/buruh pun menyatakan bahwa K3 telah diterapkan dengan baik di smelter tersebut.

"Pelaksanaan K3 sudah bagus. Kalau terjadi apa-apa penanganannya itu sudah cepat," kata salah seorang pekerja, David Muktiaji Semarang.

Bulan K3 Nasional diperingati setiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari. Pada tahun ini tema utama Bulan K3 Nasional adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Tema tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk secara terus menerus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat dan budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang mana akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3.

Budaya K3 sendiri merupakan salah satu syarat dalam membentuk ekosistem ketenagakerjaan yang unggul.

Baca juga: Kebakaran smelter, Menaker bakal sanksi Tsingshan jika tak patuhi K3
Baca juga: Menaker: Kegiatan TKM Expo bentuk dukungan pemerintah kepada UMKM
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024