City terus tampil lebih kuat dan lebih baik. Fernandinho tampil kokoh menempati lini gelandang, Jesus Navas punya kecepatan dan kedalaman, Stevan Jovetic punya kecepatan dan punya kreativitas,
Manchester (ANTARA News) - Pepatah Latin klasik menyebutkan "usus magister est optimus", yang artinya praktik adalah guru terbaik dalam kehidupan. Persis, situasi seperti itu kini dihadapi pelatih anyar Manchester City, Manuel Pellegrini.

Praktik di lapangan, dan bukan banyak omong-omong saja, bakal dilakoni kubu Manchester City dalam duel melawan Newcastle dalam pertandingan Liga Inggris (Premier League) yang digelar di Emirates Stadium pada Selasa, pukul 02.00 WIB.

Untuk menghadapi serangkaian praktik dalam laga musim kompetisi 2013-2014 ini, Pellegrini melakukan debutnya kali ini dengan mendatangkan sejumlah pemain anyar, sebut saja Fernandinho, Jesus Navas, Alvaro Negredo dan Stevan Jovetic.

Pellegrini paham benar bahwa Manchester City tidak ingin tergelincir ketika menghadapi Newcastle.

Pelatih asal Chile itu membulatkan tekad merebut tiga angka penuh dari pertandingan ini, meskipun banyak yang menyebut bahwa laga ini relatif berat sebelah. City terlalu kuat menghadapi Newcastle.

Pellegrini tahu bahwa jabatan sebagai manajer di Manchester City tidak selalu empuk-empuk saja, atau bertabur uang dan berbagai fasilitas.

Ia merespons tugas praktik itu dengan menambah vitalitas di lini depan dengan merekrut Jesus Navas. Tinggal sekarang menanti penampilan apik dari Navas. City teramat mengandalkan penampilan pemain ini memasuki kompetisi 2013-2014.

Dan Pellegrini bersama pasukannya tidak perlu disergap rasa kecil hati, karena laga diadakan di kandang Manchester City, di hadapan publik sendiri.

Penampilan Newcastle di Etihad Stadium terbilang memprihatinkan, meskipun tidak relevan menyamaratakan satu lagai dengan laga lainnya. Newcastle bukan skuad yang gaduh ketika menghadapi jendela transfer pemain musim ini.

Newcastle paceklik dalam aktivitas bursa jual beli pemain. Ini terang benderang sejak Joe Kinner menjabat sebagai direktur sepak bola klub itu.

Sementara, manajer Newcastle, Alan Pardew menebar asa di lautan optimisme sebagaimana ia kerapkali nyatakan di sejumlah media massa Inggris. Ia berharap prestasi musim ini harus lebih baik dibandingkan dengan capaian musim lalu.

City terus menunjukkan taring garang ketika bertanding di Etihad Stadium, menyusul pemecatan manajer sebelumnya Roberto Mancini.

Sergio Aguero masih diselimuti tanda tanya apakah ia bakal diturunkan dalam pertandingan nanti. Bek Matija Nastasic masih dibekap badai cedera engkel, meski ia sudah kembali berlatih pada pekan lalu. Fernandinho, Jesus Navas, Alvaro Negredo dan Stevan Jovetic akan menorehkan debut bersama City.

Pendatang baru di kubu Newcastle, Loic Ramy tidak akan turun bertanding. Pemain asal Prancis itu mengalami cedera lutut ketika Magpies (julukan Newcastle) menjalani laga di musim lalu.

Pardew memproklamasikan bahwa Ramy absen sampai akhir bulan ini. Jonas Gutierrez terus berbenah diri setelah mengalami cedera hamstring. Situasi ini membuat Pardew relatif pusing kepala.

Komentar dua pelatih:

Manuel Pellegrini (Manchester City FC):
"Kita segera menyaksikan laga itu, karena itu saya akan menurunkan sejumlah pemain yang memang diperlukan dalam pertandingan nanti."

"Kami telah mencetak banyak gol ke gawang lawan. Untuk itu, kami harus mencari dan menemukan strategi yang tepat."

Alan Pardew (Newcastle United):
"Pertandingan ini bermakna penting, utamanya bagi para pemilik klub yang menentang inisiatif membeli pemain hebat untuk memperkuat skuad."

"Pengaruh pemilik klub begitu kuat. Ini pesan penting bagi setiap orang. Kami yakin bahwa klub memerlukan pemain bagus di masa depan."

Prakiraan susunan pemain:               
 
Manchester City (4-3-3):
Hart (penjaga gawang); Zabaleta, Kompany, Lescott, Clichy; Sila, Touré, Fernandinho; Navas, Agüero, Negredo.

Newcastle United (4-4-1-1):
Krul (penjaga gawang); Debuchy, Coloccini, S Taylor, Santon; Ben Arfa, Tioté, Cabaye, Gutiérrez; Sissoko; Cissé.

Data dan fakta:
* Manchester City tidak terkalahkan dalam 13 kali pertandingan melawan Newcastle dalam ajang Liga Inggris. City telah menjalakan 30 gol, dan kemasukan delapan gol.
* Newcastle tidak pernah memperoleh kemenangan selama bertanding di Etihad Stadium (dua kali imbang, tujuh kali kalah).
* City keluar sebagai tim yang sedikit kemasukan gol. Mereka hanya kemasukan 34 gol selama musim 2012-2013. Ini membuktikan bahwa tembok pertahanan City terbilang kokoh.
* Yaya Toure mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan terakhir melawan Newcastle.
* Newcastle hanya menangguk dua kali kemenangan dalam 10 laga tandang dalam laga pembuka musim Liga Inggris (menang dua kali, empat kali imbang, empat kali kalah).
 
Prediksi tiga besar: (Goal.com)
 
* Manchester City FC 3-0 Newcastle (16,65 persen)
* Manchester City FC 3-1 Newcastle (14,89 persen)
* Manchester City FC 2-0 Newcastle (11,45 persen)

Head to Head:

England  Premier League (EPL)
30 Maret 2013     Manchester City FC 4 - Newcastle 0     
15 Des  2012     Newcastle 1 - Manchester City FC 3     
 6  May  2012     Newcastle 0 - Manchester City FC 2     
19 Nov   2011     Manchester City FC 3 - Newcastle 1     
26 Des   2010     Newcastle 1 - Manchester City FC 3     

Lima laga terakhir:     

Manchester City FC
10 Aug 2013    Arsenal 3 - Manchester City FC 1    FR
1   Aug 2013    Manchester City FC 1 - FC Bayern München 2    FR
31 Jul  2013    Manchester City FC 5 - AC Milan 3    FR
27 Jul  2013    Sunderland 0 - Manchester City FC 1    FR
24 Jul  2013    South China 0 - Manchester City FC 1    FR

Newcastle
28 Jul 2013    Blackpool 0 - Newcastle 1    FR
19 May 2013    Newcastle 0 - Arsenal 1    EPL
12 May 2013    QPR 1 - Newcastle 2    EPL
4  May 2013    West Ham 0 - Newcastle 0    EPL
27 Apr 2013    Newcastle 0 - Liverpool 6    EPL

Prediksi pengamat bola:

Mark Lawrenson (BBC):

"Laga perdana Manchester City ini begitu krusial di musim ini di mata para pendukung setia klub. Manuel Pellegrini diyakini benar bakal mendongkrak kualitas penampilan para pemain."

"City punya sederet pemain hebat dibandingkan tim lain di Liga Inggris. Di bawah asuhan manajer Pellegrini, klub punya masa depan cerah. Pellegrini sosok yang mampu membangkitkan kebersamaan. Ia pelatih yang bijak dan rendah hati."

Narasi prediksi:  

* Pellegrini bakal unjuk kekuatan di awal laga musim ini. Menarik untuk menyimak susunan pemain yang ia turunkan ketika City melawan Newcastle.
* Terkesan bahwa penampilan pertama begitu menentukan di mata pecinta bola sedunia. Diharapkan hasil pertandingan nanti dapat membuka mata pemilik klub Newcastle.
* City terus tampil lebih kuat dan lebih baik. Fernandinho tampil kokoh menempati lini gelandang, Jesus Navas punya kecepatan dan kedalaman, Stevan Jovetic punya kecepatan dan punya kreativitas, sementara Alvaro Negredo mampu menggabungkan kekuatan dan kepiawaian tekniknya untuk mencetak gol.
* Newcastle juga tidak begitu saja bersedia dijadikan bulan-bulanan oleh City, dijadikan lumbung gol bagi anak asuhan Pellegrini.

Prediksi editor Antaranews.com:
Machester City FC: 3
Newcastle United: 0   

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013