Pangkep (ANTARA) - Logistik Pemilu di Kabupaten Pangkep sudah rampung 100 persen dan kini tinggal menunggu jadwal pendistribusian hingga ke pulau terluar.

"Logistik pemilu sudah siap didistribusikan bersama seluruh jajaran terkait. Untuk pulau terluar ini harus melakukan percepatan, karena pengiriman logistik 14 hari sebelum hari pencoblosan," kata Ketua KPU Pangkep, Ichlas di Kabupaten Pangkep, Jumat.

Dia mengatakan, pertimbangan percepatan tersebutnya utamanya untuk ke kecamatan di pulau terluar Kabupaten Pangkep seperti pulau-pulau di Kecamatan Liukang Kalmas.

Kabupaten Pangkep memiliki tiga wilayah topografi yang berbeda yakni dataran rendah, dataran tinggi dan pesisir. Setidaknya terdapat 115 pulau yang berada di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Pulau-pulau tersebut sebagian besar berada di kecamatan Liukang Tupabbiring, Liukang Tangaya, dan Liukang Kalmas.

“Insya Allah dengan dukungan dari Forkopimda Kabupaten Pangkep dan Pak Bupati, kita akan menggelar pelepasan pertama logistik itu di awal Februari mendatang, di Dermaga Maccini Baji, Pangkep,” jelas Ichlas.

Sebelumnya Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin telah melakukan peninjauan logistik pemilu di Pangkep, khususnya kesiapan surat suara.

Sebelumnya Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin telah melakukan peninjauan logistik Pemilu di Pangkep, khususnya kesiapan surat suara.

“Alhamdulillah seluruh logistik pemilu untuk wilayah Pangkep sudah ada di gudang, dan proses sortir dan pelipatan surat suara. Boleh dikatakan 100 persen surat suara juga sudah lengkap untuk wilayah Pangkep,” kata Bahtiar pada keterangan terpisah.

Dia mengatakan, Kabupaten Pangkep yang terdiri dari wilayah kepulauan, tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam penyaluran logistik pemilu.

Kendati demikian, ia optimistis, pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Pangkep sudah sangat siap dengan dukungan manajemen kerja KPU setempat yang baik.

Baca juga: KPU Kota Tangerang libatkan ratusan orang lipat 6,9 juta surat suara
Baca juga: KPU Kudus siap fasilitasi karyawan pindah memilih saat Pemilu 2024

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024