Harapannya, KEK Sanur tak hanya dikenal sebagai kawasan ekonomi khusus kesehatan pertama di Indonesia yang menjadi tujuan utama untuk wellness tourism, akan tetapi juga menjadi wujud nyata sebagai kawasan ekonomi khusus yang ramah lingkungan dan berk
Jakarta (ANTARA) - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney bersama anak usahanya PT Hotel Indonesia Natour (HIN) membersihkan sampah di Pantai Sanur, Bali, dan menanam pohon di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur untuk mendorong pariwisata berkelanjutan.

Herdy Harman, Direktur SDM & Digital InJourney, mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon di KEK Sanur ini merupakan wujud dari komitmen perseroan untuk menciptakan lingkungan hijau dalam menciptakan kawasan pariwisata yang berkelanjutan.

"Harapannya, KEK Sanur tak hanya dikenal sebagai kawasan ekonomi khusus kesehatan pertama di Indonesia yang menjadi tujuan utama untuk wellness tourism, akan tetapi juga menjadi wujud nyata sebagai kawasan ekonomi khusus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata Herdy dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Sanur, Bali yang terintegrasi dengan KEK Kesehatan Sanur, itu dilakukan Rabu (10/1) lalu dan diikuti lebih dari 100 orang manajemen HIN Group serta direksi dan komisaris HIN untuk membangun kesadaran masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan.

"Kami berkomitmen konsisten mendukung berbagai upaya pelestarian lingkungan dan green environment. Kegiatan beach clean up dan penanaman pohon ini sesuai dengan tujuan KEK Sanur sebagai World Class Medical and Wellness Centre untuk menghadirkan visi destinasi pariwisata kesehatan yang peduli lingkungan dan menjadi bagian aktif dalam menjaga keseimbangan alam serta keberlanjutan demi kenyamanan pengunjung kedepannya," kata Direktur Utama HIN Christine Hutabarat.

Adapun dalam kegiatan Beach Clean Up tersebut berhasil mengumpulkan sampah sekitar 100 kg yang selanjutnya dikirimkan ke Tempat Penyimpanan Sampah Sementara (TPSS) Utilitas KEK Sanur untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di ethnomedicinal botanic garden, salah satu fasilitas di KEK Sanur. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keanekaragaman tanaman di ethnomedicinal botanic garden dan menciptakan lingkungan hidup berkelanjutan.

KEK Sanur merupakan kawasan ekonomi khusus kesehatan pertama di Indonesia sebagai "World Class Medical & Wellness Centre" yang menawarkan end to end journey yang mengintegrasikan layanan kesehatan dan pariwisata dengan berbagai fasilitas dari layanan kesehatan, akomodasi hotel, dan fasilitas pendukung lainnya dimana pengembangannya diharapkan menjadi diversifikasi dan akselerator peningkatan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Wamen : integrasi maskapai BUMN ke InJourney diputuskan kuartal I 2024
Baca juga: AP I dukung transformasi industri lewat pembentukan InJourney Airports
Baca juga: InJourney Group benahi infrastruktur bandara sambut Natal-tahun baru

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024